Minimalisir Pelanggaran Pemilu, Bawaslu Kendari Bangun Pengawasan Partisipatif – Kendari Pos
Politik

Minimalisir Pelanggaran Pemilu, Bawaslu Kendari Bangun Pengawasan Partisipatif

KENDARIPOS.CO.ID — Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Kendari memaksimalkan edukasi dan pelatihan pengawasan pemilu berbasis desa/kelurahan. Tujuannya, agar masyarakat memiliki kesadaran dan dapat melibatkan diri secara partisipatif dalam pengawasan berupa pencegahan pelanggaran pemilu.

“Jadi orientasi kami tahun ini, yakni bagaimana masyarakat bisa teredukasi perihal pengawasan partisipatif. Itu penting agar mereka bisa paham dan bisa terhindar dari praktek-praktek yang dapat mencederai pelaksanaan pemilu, yang salah satunya paling kerap menimpa masyarakat adalah money politic (politik uang),” kata Sahinuddin, Ketua Bawaslu Kota Kendari, kemarin (25/2).

Ia mengatakan telah membentuk Desa Binaan; Kelurahan Abeli Dalam, yang diharapkan menjadi kelurahan percontohan di Sultra sebagai kelurahan anti money politic. Selain mengedukasi masyarakat, Bawaslu Kendari sepanjang tahun ini akan memastikan pemilih potensial khususnya pemilih pemula dapat terdaftar secara berkelanjutan sebagai peserta pemilih. “Maka dari itu, peran aktif masyarakat dalam mengupdate data kependudukan sangat diperlukan. Karena itu merupakan salah satu bentuk pencegahan terhadap potensi pelanggaran yang menghilangkan atau menyalahgunakan hak pilih masyarakat,” kata Sahinuddin.

Bawaslu mengawal dan mengawasi pemilu sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017. Dimana Bawaslu berwenang untuk menerima, menginvestigasi, memeriksa dan mengkaji temuan dan laporan pelanggaran pemilu. Bila laporan terbukti kebenarannya, maka menjadi kewajiban Bawaslu untuk menindak lanjutinya.

“Selain partisipasi masyarakat, kami juga berharap pemerintah turut andil untuk terlibat dalam pengawasan pemilu. Mungkin bisa rembuk dengan kami melalui berbagai forum diskusi yang kemudian kita harapkan bisa melahirkan ide-ide cemerlang terkait koordinasi pengawasan. Sehingga ketika tiba tahapan pemilu nanti, chemistrynya itu bisa terbangun. Dengan begitu saya yakin pemilu yang jujur dan adil itu bisa terwujud,” kata Sahinuddin. (ags/adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy