Merger BPR di Sultra Ditarget Tuntas Tahun 2020 – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Merger BPR di Sultra Ditarget Tuntas Tahun 2020

KENDARIPOS.CO.ID — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Tenggara (Sultra) mendorong peleburan (merger) 12 Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Sultra menjadi dua kantor pusat. Peleburan ini ditargetkan dapat tuntas pada tahun 2020.

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) PT Bank Pembangunan Daerah Sultra Tahun 2018

Kepala Subbagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Sultra, Ridhony M. H. Hutasoit mengatakan, salah satu alasan penting peleburan BPR Bahteramas adalah guna memperkuat permodalan bagi masyarakat dan memperkuat ketahanan serta daya saing industri perbankan. Untuk mewujudkan hal ini maka diperlukan peran serta BPR antara lain melalui penggabungan, peleburan, dan pengambilalihan.

“Program ini dilakukan untuk efektivitas dan efisiensi modal BPR Bahteramas. Targetnya tuntas tahun ini. Kita dorong para Pemegang Saham Pengendali (PSP). Sekarang sudah masuk Rencana Bisnis BPR (RBB),” ujar Ridhony saat dihubungi, Rabu (12/2) lalu.

Lanjut dia, setelah penggabungan, BPR Bahteramas akan memiliki modal yang besar. Dengan modal tersebut, jaringan usaha BPR akan semakin luas karena dapat membuka cabang baru di luar Sultra. “Modal BPR Bahteramas memang sudah cukup tinggi tapi belum mampu untuk membuka jaringan kantor di luar provinsi,” imbuhnya. Dijelaskannya, rencana peleburan BPR Bahteramas tersebut telah diatur dalam Peraturan OJK (POJK) Nomor 21 Tahun 2019 tentang Penggabungan, Peleburan, dan Pengambilalihan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS). Dalam Pasal 4 ayat a disebutkan bahwa, penggabungan atau peleburan dapat dilakukan antara BPR dengan BPR, BPR dengan BPRS, atau BPRS dengan BPRS, yang berkedudukan dalam wilayah provinsi yang sama.

Di Sultra terdapat 12 BPR yakni PD BPR Bahteramas Kendari, PD BPR Bahteramas Baubau, PD BPR Bahteramas Konawe, PD BPR Bahteramas Bombana, PD BPR Bahteramas Kolaka, PD BPR Bahteramas Konawe Selatan, PD BPR Bahteramas Wakatobi, PT BPR Ganda Lata, PT BPR Keraton, PT BPR Haralata Kolaka, PT BPR Mustika Utama Kendari, dan PT BPR Mustika Utama Kolaka. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy