Masa Inkubasi Mahasiswa Baubau Selesai, Dinkes Tak Temukan Corona – Kendari Pos
Bau-bau

Masa Inkubasi Mahasiswa Baubau Selesai, Dinkes Tak Temukan Corona

Marfiah Tahara

KENDARIPOS.CO.ID — Sudah 14 hari, mahasiswa Kedokteran yang kuliah di Hainan Medical University Kota Haikou, China berada di Kota Baubau. Selama kurung waktu tersebut mereka berada dalam pengawasan ketat Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat karena berada pada masa inkubasi. Pihak Dinkes ingin memastikan seluruh mahasiswa tidak memiliki atau tertular virus corona.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P), Marfiah Tahara, mengungkapkan jumlah mahasiwa Kota Baubau yang pulang dari Haikou, China sebanyak enam orang. Selama pengawasan dalam masa inkubasi, semua dipastikan tidak memiliki gejala virus corona. “Masa inkubasi selama 14 hari dan sudah selesai. Alhamdulillah semua mahasiswa sehat. Tidak ada tanda atau gejala yang menjurus ke virus corona,” ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat (14/2).

Dalam pengawasan, Dinkes memantau ketat aktivitas keenam mahasiwa tersebut. Dibantu pihak keluarga, seluruh mahasiwa dibatasi keluar rumah dan bersosialisasi dengan masyarakat. “Tapi hari ini sudah bisa beraktivitas dan bersosialisasi dengan tetangga dan keluarga dekat. Meski begitu, kita tetap waspada dan lakukan pemantauan. Jangan sampai ada temuan atau gejala virus corona. Karena tidak menuntut kemungkinan dari masyarakat lain,” sambung wanita berhijab itu.

Sekadar diketahui, berdasarkan peryampaian salah seorang mahasiwa Hainan Medical University, Ulia Ndia Arman, jarak Kota Haikou tempat mereka tinggal dan kuliah cukup jauh dari Kota Wuhan yang menjadi tempat awal munculnya corona. Meski begitu sebaran virus juga telah sampai dan menjakiti masyarakat di kota itu. “Haikou tidak tersambung dengan daratan Cina. Haikou satu pulau tersendir juga,” jelasnya. (b/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy