MAN IC Kendari Siapkan Kuota 96 Siswa Baru – Kendari Pos
Edukasi

MAN IC Kendari Siapkan Kuota 96 Siswa Baru

KENDARIPOS.CO.ID — Seleksi masuk Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kendari telah dilaksanakan. Ratusan siswa telah mendaftar dan mengikuti tes tersebut. Sayangnya, hanya 96 siswa yang akan diterima di sekolah binaan Kementerian Agama (Kemenag) tersebut.

Dokumentasi pelaksanaan SNPDB di MAN IC Kendari.

Kepala MAN IC Kendari, Abdul Basit menjelaskan, pada 22 dan 23 Februari lalu, telah dilaksanakan Seleksi Nasional peserta didik baru ( SNPDB) berbasis komputer, untuk bisa melanjutkan sekolah di MAN IC atau MAN PK dan MAKN, serentak di seluruh Indonesia. Untuk pelaksanaan tes masuk MAN IC Kota Kendari, ada di tiga lokasi yakni MAN IC Kendari, MAN 1 Konawe dan MTsN 1 Bau bau., dengan jumlah peserta seluruhnya yang mengikuti tes sebanyak 321 siswa dari SMP dan MTs.

“SNPDB adalah salah satu instrumen untuk menjaring calon peserta didik yang potensial ditinjau dari sisi kepribadian, akademik, dan kesehatan, sehingga diharapkan dapat mengikuti pendidikan secara optimal di madrasah dengan sistem berasrama. Termasuk dalam tes kepribadian ini adalah yang terkait wawasan kebangsaan dan pemahaman keagamaan moderat,” terangnya.

Tes masuk MAN IC dilaksanakan dengan sistem komputer atau Computer Based Tes (CBT), sedangkan materi tes terdiri dari Tes potensi Belajar (TPB) dan Tes Potensi akademik ( TPA). Adapun untuk TPB (Tes Potensi Belajar), indikator yang diukur antara lain berupa, kemampuan verbal, kemampuan kuantitatif/numerik, kemampuan logika/penalaran, dan kepribadian. Selain TPB juga dilakukan tes akademik. “”Untuk pengumuman seleksi tersebut akan disampaikan pada 7 Maret 2020, melalui website Kemenag, atau di lokasi tes,” tandas Abdul Basit. (hel/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy