Malam Ini, Ketum PAN Periode 2020-2025 Ditentukan : Amien Rais Dukung Mulfachri-Hanafi – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Malam Ini, Ketum PAN Periode 2020-2025 Ditentukan : Amien Rais Dukung Mulfachri-Hanafi

KENDARIPOS.CO.ID — Malam ini, Ketua Umum PAN Periode 2020-2025 akan ditentukan. Sepanjang perjalanan Kongres Partai Amanat Nasional (PAN), setiap figur yang didukung sang Deklarator PAN, Amien Rais pasti terpilih. Empat kali kongres, empat kali pula “jagoannya” menang. Tentu dengan dinamika yang berbeda.

Saat Kongres PAN ke-II yang digelar di Semarang, 10 April 2005 lalu, Amien Rais mendukung Soetrisno Bachir sebagai suksesornya. Meski sempat alot, namun hasil voting memenangkan Soetrisno Bachir. Kongres ke-III di Batam, 9 Januari 2010 lalu juga begitu. Kala itu, pejuang reformasi ini mendukung Hatta Rajasa sebagai calon Ketua Umum PAN Periode 2005-2010. Hasilnya, mantan calon wakil Presiden ini terpilih secara aklamasi.

Tahun 2015 lalu, Amien Rais kembali mencari figur baru sebagai calon Ketum PAN. Dia mendukung Zulkifli Hasan untuk berhadapan dengan “petahana” Hatta Rajasa. Hasilnya, jagoan Amien Rais menang. Zulkifli Hasan terpilih sebagai Ketum PAN Periode 2015-2020 saat Kongres di Bali, 1 Maret 2005 lalu.

Kini, di Kongres PAN ke-V di Kendari, tuah restu Amien Rais ditunggu. Kalau melihat situasinya, hampir sama dengan kasus Kongres di Bali. Di Kongres kali ini, Amien Rais mendukung Mulfachri Harahap. Itu artinya, akan berhadapan lagi dengan petahana Zulkifli Hasan. “Dukungan Pak Amien memberi semangat lebih. Kita optimis bisa menang di Kongres ini,” ujar Mulfachri.

Keyakinan Mulfachri Harahap bisa menang di Kongres juga disampaikan sejumlah pimpinan PAN. Ketua DPW PAN Yogyakarta, Nazarudin mengungkapkan, dari 591 pemilik suara, pasangan Mulfachri Harahap-Hanafi Rais sudah mengantongi 298 suara. “Konsolidasi sudah dimatangkan. Dukungan kepada MH sudah mengkristal. Tak bisa diganggu gugat lagi,” ungkapnya saat ditemui di Claro Hotel Kendari, Senin (10/2).

Dia menambahkan, sejumlah DPW dan DPD PAN sudah menyatakan sikap mendukung. Mereka adalah Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatra Utara, Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, dan lainnya. “Tidak hanya itu, sebagai tuan rumah, PAN Sultra sebagian sudah mengalihkan dukungan kepada MH, padahal sebelumnya mendukung Zulkifli Hasan. Mulfachri sudah mendapat dukungan suara mayoritas,” bebernya.

Nazarudin menuturkan, aspirasi sejumlah DPW dan DPD menginginkan adanya perubahan.

Ketua DPW PAN Jawa Timur, Masfuk mengungkapkan, faktor Amin Rais kuat kaitannya dengan kokohnya dukungan kader PAN kepada MH. “Dukungan Pak Amin Rais, pengaruhnya sangat besar dan itu tidak bisa dipungkiri,” jelasnya.

Masfuk menilai, sejarah sudah membuktikan, setiap dukungan Amien Rais pasti menang.

“Pak Amin adalah pendiri. Sebagai kader tentu masih akan mengikuti apa yang menjadi pertimbangan dan keputusannya. Ijtihad Pak Amien adalah perhatian luar biasa bagi kader PAN,” tegasnya.

Namun, selain faktor Amien Rais, mereka juga memiliki komitmen teguh menjadi alasan dukungan ke MH. “Semua bisa merasakan konsistensi MH dalam menjalankan komitmen begitu tinggi. Dan itu semua sudah dirasakan oleh seluruh daerah,” terangnya.

Ketua DPW PAN Jawa Tengah, Wahyu punya alasan berbeda mendukung MH. Menurutnya, Mulfachri menawarkan perubahan. Ada beberapa ide besar dan fundamental terkait dengan pemberdayaan kader di tingkat wilayah, daerah, hingga cabang.

“Selama ini kebijakan politik tergantung pusat dan tidak terbuka. Kedepan, seperti penentuan bupati tumpuan utama ada di daerah yang kemudian dielaborasi dengan pusat,” harapnya.

Lanjut Wahyu, program lain yang juga ditawarkan adalah penguatan dan pemberdayaan kader. MH menilai sebuah partai itu bergantung pada kader untuk menjadi besar.

“Mewujudkan hal itu, MH berkomitmen membentuk sekolah politik, memiliki lembaga khusus. Dimana nanti seluruh kader bisa diberdayakan. Pelatihan formal dan non formal bisa dilakukan, seperti pelatihan kepemimpinan, pelatihan kepala daerah dan keagamaan,” jelasnya.

Disisi lain, sebagai tuan rumah, mantan Ketua DPW PAN Sultra, Samsu Umar Abdu Samiun memastikan 10 dari 17 kabupaten/kota di Sultra mendukung pasangan Mulfachri-Hanafi. “Semua sudah terkonsolidasi. Semua sudah solid untuk ke Mulfachri. Termasuk secara pribadi saya ke Mulfachri,” ungkapnya.

Mantan Bupati Buton ini menilai, tradisi PAN, setiap keputusan tetap mengacu atas restu pendiri PAN, Amien Rais. “Itu sejarah. Selain itu, tidak tersurat tapi tersirat kepemimpinam PAN itu hanya satu periode, tak bisa dipungkiri. Dan siapa yang mendapat restu Pak Amien, mayoritas kader pasti akan memahami,” katanya

Pengamat Politik Sultra, Dr Muh Najib Husain menilai dukungan tokoh PAN, Amien Rais akan sangat berpengaruh. “Kalau saya melihatnya, wajar saja setiap kubu mengklaim menang. Itu tidak lain untuk menjadi nilai tawar tersendiri, bahwa mereka tidak hanya sekadar tampil. Melainkan juga mendapatkan dukungan. Tapi bagaimanapun juga, kehadiran Pak Amien memberi warna tersendiri terhadap kader,” ungkapnya.

Semua kemungkinan bisa terjadi di menit-menit akhir kata Najib. Contohnya, kata dia, meskipun dua calon ketua PAN (Zulhas – Mulfachri) telah melakukan karantina terhadap sejumlah simpatisan (voter), bukan jaminan bahwa mereka akan setia. Lobi-lobi itu kadang bisa menembus metode karantina seperti itu.

Bahkan lanjut Najib, yang perlu diwaspadai adalah persoalan permainan uang yang kemungkinan besar akan terjadi di pemilihan nanti. “Sangat besar kemungkinan akan terjadi. Karena itu adalah salah satu strategi terakhir yang bisa digunakan untuk bagaimana kemudian membeli suara voter,” bebernya. (b/ags/yog)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy