Maju Calon Perseorangan : Konsel Butuh 20.284 DPT, Koltim Hanya 8.100 – Kendari Pos
Politik

Maju Calon Perseorangan : Konsel Butuh 20.284 DPT, Koltim Hanya 8.100

Asriani

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dan Kolaka Timur (Koltim) mulai menerima dokumen syarat dukungan bakal calon perseorangan di Pilkada, kemarin (19/1). Di Koltim, setiap bakal calon perseorangan harus memenuhi minimal 8.100 dukungan wajib pilih, sedangkan Konsel minimal 20.284.

Komisioner KPU Konsel, Asriani, mengatakan pleno menetapkan batas penyerahan dokumen dukungan bagi bakal calon perseorangan di Pilkada nanti, 23 Februari. Divisi Teknis KPU Konsel ini menjelaskan, untuk syarat dukungan calon perseorangan, sesuai hasil pleno pada 26 November 2019 lalu, batas minimum 10 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) 202.838.

“Sehingga minimal syarat dukungan yang harus dipenuhi itu sekira 20.284 dan tersebar pada minimal 13 kecamatan dari 25 kecamatan di Konsel,” jelasnya. Lembaganya telah melayani sejumlah figur yang punya niat bertarung di Pilkada melalui jalur independen. Katanya, figur yang berminat untuk menggunakan jalur perseorangan, terlebih dahulu memasukkan surat mandat ke KPU.

“Nanti kami akan memberikan user name dengan paspor. Mereka dapat menginput sendiri dokumen-dokumennya. Karena dokumen itu merupakan syarat awal yang harus dipenuhi bagi bakal calon perseorangan. Jika sampai 23 Februari tidak memenuhi syarat dokumen dukungan, maka secara resmi dinyatakan nihil atau kosong. Kalau memenuhi syarat, maka dapat dilanjutkan
pada tahap verifikasi administrasi dan faktual.

Sementara itu, Kordinator Divisi Teknis KPU Koltim, Anhar mengatakan, salah satun syarat untuk maju melalui jalur perseorangan, minimal mendapat dukungan 8.100 DPT pada Pemilu sebelumnya. Jumlah DPT pada Pilkada sebelumnya sebanyak 80.997 jiwa.

“Dukungan pemilih juga harus tersebar di tujuh kecamatan dari 12 kecamatan di Koltim. Namun figur haruslebih dulu menyerahkan surat mandat, setelah itu KPU Koltim memberikan pasword dan user name untuk mengunggah dokumennya. Sejauh ini belum ada figur konsultasi ihwal calon perseorangan, tapi KPU tetap menunggu,” bebernya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubal Bawaslu Koltim, Abang Saputra Laliasa mengatakan, semua tahapan Pilkada selalu dipastikan agar berjalan sesuai tahapan dan PKPU maupun Undang-Undang Pilkada yang berlaku. Termasuk dalam pengawasan tahapan penyerahan calon independen.

“Kita memastikan semua tahapan berjalan lancar. Sehingga setiap saat kita memastikan jika ada calon perseorangan. Kita akan kawal semua proses tahapan perseorangan hingga tuntas. Mulai dari tahapan pembukaan pendaftaran hingga melahirkan calon independen. Muda-mudahan calon perseorang di Koltim ada,” imbuhnya. (kus/kam/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy