Lukman Abunawas : Anggaran Pendidikan Naik Rp 537 Miliar – Kendari Pos
Metro Kendari

Lukman Abunawas : Anggaran Pendidikan Naik Rp 537 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Komitmen Ali Mazi-Lukman Abunawas terhadap sektor pendidikan tak usah diragukan. Tahun ini, porsi anggaran di sektor masih yang terbesar. Di APBD 2020, Pemprov Sultra mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1,713 triliun. Jika dibandingkan tahun 2019, ada peningkatan sekitar Rp 537 miliar. Tahun lalu, porsi anggaran yang melekat di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra hanya Rp 1,156 triliun.

Wakil Gubernur (Wagub) Sultra, H Lukman Abunawas mengatakan sektor pendidikan tetap menjadi prioritas termasuk pembangunan infrastruktur. Apalagi pendidikan tertuang dalam lima pilar Sultra emas yang menjadi visi dan misinya bersama gubernur Sultra. Makanya, program peningkatan mutu pendidikan akan terus dilanjutkan. Tahun lalu, Pemprov Sultra berhasil mendongkrak kualitas pendidik dari 73 persen menjadi 78 persen.

“Alhamdulillah, sudah masuk dua tahun masa kepemimpinan kami. Sejauh ini, semua visi misi yang kami emban tetap berjalan. Di sektor pendidikan, masih akan terus dipacu. Salah satunya melalui program Sultra cerdas. Generasi muda Sultra harus bisa mendapatkan pendidikan yang layak. Untuk itulah, kami menyalurkan beasiswa. Programnya ditangani dengan baik oleh dinas Pendidikan Sultra,” ujar H Lukman Abunawas.

Lukman Abunawas

Program Sultra Cerdas kata mantan Bupati Konawe dua periode ini, telah menjadi komitmen AMAN. Penyalurannya akan dilaksanakan setiap tahun. Tahun ini, anggarannya naik dari Rp 3,4 miliar. Anggaran diprioritaskan bagi siswa berprestasi yang kurang mampu. Tidak hanya itu, Pemprov terus membangunan sarana dan prasarana pendidikan.

“Jadi program sultra cerdas ini memberikan bantuan beasiswa dan penyelesaian studi dimana diprioritaskan bagi keluarga tidak mampu dan bagi yang berprestasi. Misalkan ada tamatan SMA/SMK yang berprestasi tinggal memilih jurusan mana yang mereka akan masuki, jangan bilang saya tidak mampu. Jika memang tidak mampu, ada keterangan dari desa atau pemerintah setempat dimana mereka berdomisili. Jadi, tidak ada alasan lagi seseorang tidak lanjut studi,” ujar mantan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra ini.

Sementara itu, Plt Kepala Dikbud Sultra, Asrun Lio mengungkapkan untuk anggaran lembaganya tahun mengalami peningkatan. Bila tahun lalu hanya Rp 1,156 triliun, tahun ini naik menjadi Rp 1,713 triliun. Anggaran ini sudah termasuk belanja langsung maupun tidak langsung. “Tetapi untuk anggaran Sultra cerdas tahun ini meningkat pula dari Rp. 2,4 miliar di tahun 2019 menjadi Rp. 3,4 miliar di tahun 2020. Semoga dengan peningkatan ini, kualitas pendidikan kita juga makin meningkat. Sehingga wajib menempuh pendidikan bisa dirasakan oleh semua golongan masyarakat,”pungkasnya. (b/rah)

Anggaran Sektor Pendidikan
Tahun 2019 Rp 1,156 Triliun
Tahun 2020 Rp 1,713 Triliun
-Belanja Langsung dan Tak Langsung

Program Sultra Cerdas
Tahun 2019 Rp 2,4 Miliar
Tahun 2020 Rp 3,5 Miliar
-Prioritas Siswa Berprestasi yang Kurang Mampu

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy