Lima Program Strategis Pemkab Muna Masuk RPJMN – Kendari Pos
Muna

Lima Program Strategis Pemkab Muna Masuk RPJMN

KENDARIPOS.CO.ID — Lima program strategis Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna berhasil masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) periode 2019-2024. Kelima program tersebut meliputi sektor infrastruktur dan ekonomi kawasan. Bupati Muna, LM. Rusman Emba, mengaku bersyukur karena realisasi program itu akan ikut ditangani pemerintah pusat. Kelima program tersebut adalah pembangunan jalan trans Muna, pelabuhan kontainer, jembatan penghubung Muna-Konawe Selatan, pengembangan kawasan transmigrasi Muna Timur dan pengembangan kawasan ekonomi wilayah. “Kalau sudah masuk RPJMN, itu artinya realisasinya pasti dibantu APBN. Dan itu pasti terlaksana,” optimis Rusman Emba, Kamis (27/2).

Ketua FKPPI Sultra itu menjelaskan, keseluruhan program itu akan mendukung percepatan pembangunan daerah yang selama ini belum ditunjang infrastruktur strategis. Jembatan penghubung Muna-Konsel misalnya, akan sangat berdampak pada mobilitas barang dan jasa sehingga memacu pertumbuhan ekonomi wilayah. Demikian pula dengan pelabuhan kontainer yang akan memangkas biaya distribusi barang keperluan daerah. Termasuk pula pembangunan jalan Trans Muna yang akan membuka koneksi wilayah lokal maupun dengan daerah tetangga.

“Program ini untuk Muna masa depan yang bisa mandiri dengan dukungan infrastruktur penting,” jelasnya. Rusman menerangkan, dengan masuknya lima program itu ke dalam dokumen Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas) maka akan menunjang pembangunan daerah lima tahun kedepan. Ia pun memastikan jatah APBN untuk Muna akan semakin meningkat seiring pembiayaan program tersebut. “Karena ini RPJMN, maka realisasinya akan bertahap selama lima tahun,” terangnya.

Bupati Muna, LM Rusman Emba

Kelima program itu lebih jauh dijelaskan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Muna, La Mahi. Katanya, pembangunan jalan trans Muna adalah proyek pembukaan jalan pesisir yang dimulai dari Kecamatan Napabalano hingga Wamengkoli, Buton Tengah. Rutenya terbagi dua yakni Tampo-Muna Barat-Mawasangka dan Tampo-Lohia-Tongkuno-Wamengkoli. Jalan itu akan ditunjang jembatan penghubung di Toli-toli, Tampo dan Konawe Selatan sepanjang lebih 2,5 kilometer. “Jadi orang dari Kendari bisa langsung ke Muna lewat darat. Bahkan koneksinya langsung di Jembatan Baruta yang menghubungkan Muna-Buton,” jelasnya.

Sedangkan Pelabuhan Kontainer yang ikut masuk di RPJMN tersebut rencananya akan ditempatkan di wilayah Labunti, Kecamatan Lasalepa. Pelabuhan itu akan menunjang fungsi pelabuhan Nusantara, Raha. Sementara dua program lain ialah pembangunan kawasan Muna Timur dengan konsep Transtechnopark pertama nasional. Program itu sudah digarap oleh Universitas Gajah Mada untuk pengembangan Blue Print kawasan. “Terakhir soal ekonomi wilayah itu ialah pengembangan pertanian, peternakan dan perikanan. Itu spesifik soal peningkatan ekonomi,” pungkasnya. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy