Lima Permintaan Bupati Buton ke Mensos – Kendari Pos
Buton

Lima Permintaan Bupati Buton ke Mensos

Bupati Buton, La Bakry (kiri) ketika menemui Menteri Sosial, Juliari Peter Batubara. Dalam pertemuan yang didampingi Kadinsos Buton, Asnawi, ia memberi penjelasan banyak soal kondisi Lansia dan para yatim di Buton yang membutuhkan perhatian khusus. Ia minta pendirian panti asuhan dan sejumlah program lainnya

KENDARIPOS.CO.ID — Jumlah lanjut usia (Lansia) dan penyandang disabilitas di Kabupaten Buton, cukup banyak. Termasuk juga para yatim dan anak terlantar yang tak memiliki tempat tinggal layak. Fakta itu membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton harus berjuang ke Pemerintah Pusat untuk menghadirkan sarana dan prasarana pelayanan bagi warganya tersebut. Jumat (28/2), Bupati Buton, La Bakry menemui Menteri Sosial, Juliari Peter Batubara. Kepada Mensos, Bupati yang didampingi Kadinsos Buton, Asnawi, memberi penjelasan banyak soal kondisi Lansia dan para yatim di Buton yang membutuhkan perhatian khusus.

“Saya minta pendirian panti asuhan. Karena di seluruh Kepulauan Buton ini belum ada satu pun yang punya panti, jadi sangat urgen,” katanya, saat dihubungi, kemarin. Dalam pertemuan itu juga, La Bakry turut menyuarakan kebutuhan lain di bidang sosial. Mulai dari Lembaga Pembangunan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (LP2KS), usulan program komunitas adat terpencil, keserasian dan kearifan lokal, sistem layanan dan rujukan terpadu, penambahan kouta PKH dan program Sembako. “Kita punya waktu cukup banyak saat pertemuan, sehingga kami usulkan semua yang dibutuhkan. Harapan kami, ada yang terkafer dalam program Kemensos di 2021 nanti,” tambahnya. Dihubungi terpisah, Kadis Sosial Buton, Asnawi, mengatakan, respon Mensos sangat positif. Terutama untuk pembangunan panti asuhan dan lembaga pelatihan sosial. Kata dia jumlah Lansia di Buton kini mencapai 7000 orang. Sementara penyandang disabilitas ada 600 orang. “Mereka ini butuh panti, nanti bisa menampung banyak orang termasuk anak-anak yang tak punya orang tua dan tempat tinggal,” katanya.

Soal lahan, Pemkab sudah menyampaikannya di hadapan menteri. Baik itu untuk panti asuhan maupun balai pelatihan. “Pak Bupati sudah bilang, Pemkab siapkan lahan 2 hektare. Intinya semua usulan tadi akan disiapkan semuanya apa yang menjadi bagian Pemkab,” tutupnya. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy