Lima Pencuri Ratusan Ekor Sapi Diringkus – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

Lima Pencuri Ratusan Ekor Sapi Diringkus

KENDARIPOS.CO.ID — Lima pelaku pencurian Sapi berhasil diringkus jajaran Polres Konawe Utara, bekerjasama dengan Polsek Mandonga dan Reserse Mobile (Resmob) Polda Sulawesi Tenggara (Sultra). Kelima tersangka itu adalah Awing, Jamal, Restu, Kisran. Sedangkan Nasir berperan sebagai penadah hasil curian. Kapolres Konut, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Achmad Fathul Ulum menuturkan, dari hasil interogasi para tersangka mengaku telah menjalankan aksinya di wilayah Bumi Oheo itu sejak 2019 lalu dengan sebaran Tempat Kejadi Perkara (TKP) sebanyak 39.

“TKP-nya diantaranya wilayah Kecamatan Lasolo, Sawa, Asera, Oheo dan Wiwirano. Begitu kami dapat laporan masyarakat yang kehilang hewan ternak sapi, kami langsung menurunkan tim khusus Buru Rergap 67 Polres Konut untuk melakukan penyilidikan. Dari pengembangan, tim berhasil mengantongi identitas dan memburu para pelaku di wilayah Kota Kendari,” ungkap Kapolres Konut, AKBP Achmad Fathul Ulum, Senin (24/2/2020).

Kapolres Konut, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Achmad Fathul Ulum bersama barang bukti.

Kata Kapolres, pelaku ditangkap Senin, (24/2/2020) sekira pukul 02.00 WITA bersama dengan 1 unit mobil jenis Toyota Avanza yang digunakan untuk mengangkut hewan hasil curian.“Modus operandinya, pelaku melakukan pencurian dengan cara memberikan makanan sapi di campur potas dan pisang. Setelah di kasih makan, pelaku ini menunggu 5 sampai 10 menit kemudian menangkap sapi tersebut. Dari keterangan pelaku, sapi yang dicuri sudah mencapai 100 ekor, tapi kami masih perdalam lagi pemeriksaannya,” imbuhnya.

Fathul membeberkan, hewan yang berhasil dicuri, oleh para tersangka selanjutnya disembelih menjadi beberapa bagian dan dijual ke penadah yang juga jaringan dari para pelaku serta di pasar-pasar. Atas perbuatan, kelima pelaku pencurian dijerat dengan pasal 363 Kitab Undang Hukum Pidana (KUHP) dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. (KP/IS)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy