Lestarikan Bahasa Daerah, Kantor Bahasa Sultra Gelar Penobatan Tunas Bahasa Tolaki – Kendari Pos
Metro Kendari

Lestarikan Bahasa Daerah, Kantor Bahasa Sultra Gelar Penobatan Tunas Bahasa Tolaki

Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas (kiri) menyerahkan hadiah kepada juara 1 kelompok putra lomba Tunas Bahasa Tolaki, atas nama Pino, siswa SMA Abuki, Kabupaten Konawe dan juara 1 kelompok putri Cici Cahaya Anggasari, siswi SMAN Unaaha di Hotel Claro, Jumat (21/2) malam

KENDARIPOS.CO.ID — Bahasa daerah di Sulawesi Tenggara cukup beragam. Kantor Bahasa Sultra menemukan sebagian bahasa daerah diambang kepunahan. “Salah satunya Bahasa Tolaki. Untuk itu revitalisasi bahasa Tolaki penting dilakukan untuk melestarikan bahasa Tolaki. Kami kemas, agar bisa menarik minat generasi milenial,” ujar saat menyampaikan dalam sambutan acara penobatan tunas Bahasa Tolaki di Ballroom, Claro Hotel Kendari, Jumat (21/1).

Kantor Bahasa Sultra punya strategi melestarikan bahasa daerah dengan melibatkan generasi milenial sebagai tunas bahasa. Salah satunya adalah Tunas Bahasa Tolaki. Kepala Kantor Bahasa Sultra, Dr. Sandra Safitri Hanan menyebutkan penobatan tunas bahasa selain sebagai bentuk revitalisasi bahasa daerah, juga sebagai bentuk memperingati hari bahasa ibu internasional, yang jatuh tepat 21 Februari 2020.

Penetapan bahasa Tolaki, jangan disalahartikan, dimana bahasa daerah di Sultra cukup banyak. “Kami tidak memihak, kami mengambil contoh. Di Provinsi Sultra, Bahasa Tolaki memiliki wilayah tutur yang cukup luas, meliputi satu kota dan enam kabupaten. Dibayangkan jumlah penuturnya cukup banyak. Namun kami tidak mengesampingkan bahasa daerah lain yang juga perlu dilestarikan seperti Bahasa Cia-cia, Moronene dan bahasa daerah lainnya perlu dilestarikan,” ungkap Dr. Sandra Safitri Hanan.

Bagi Dr. Sandra Safitri Hanan penobatan tunas bahasa tersebut ditujukan sebagai bentuk revitalisasi bahasa daerah. Selain itu, pelestarian dimaksudkan untuk menjawab tantangan perkembangan zaman yang menggerus nilai-nilai budaya khususnya bahasa daerah.

Dia berharap pemerintah daerah di Sultra dapat membuat kegiatan serupa dalam rangka pelestarian budaya khususnya bahasa daerah. “Ini harus dikemas secara baik. Karena, minat kaum milenial terkait dengan bahasa daerah sangat kurang,” terangnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, Asrun Lio mengungkapkan pentingya bahasa daerah untuk dilesatrikan. Menurutnya, bahasa daerah merupakan salah satu bentuk budaya yang mencerminkan identitas seseorang.”Rugilah orang yang tidak gunakan bahasa daerah. Karena beberapa bahasa daerah di Indonesia itu terancam punah, dan banyak diantaranya berada di Sultra,” ungkapnya.

Asrun mengapresiasi program penobatan tunas Bahasa Tolaki yang digelar oleh Kantor Bahasa. Ia mengungkapkan, penobatan tersebut adalah bentuk rasa peduli dari Kantor Bahasa terhadap budaya di Sultra. “Ini juga bisa menjadi contoh bagi daerah lain untuk menggelar program yang sama. Termasuk pengembangan bahasa Moronene, Wolio, Cia-cia,” kata Asrun.

Hadir dalam acara penobatan Tunas Bahasa Tolaki, Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas. Mantan Bupati Konawe dua periode itu menjelaskan UU nomor 5 tahun 2017 tentang kemajuan budaya mengamanatkan tentang pengembangan budaya lokal, salah satunya bahasa daerah. “Budaya adalah aset nasional dan aset bangsa. Aset daerah khas daerah masing-masing itu menjadi aset nasional yang betul-betul harus kita jaga dan lestarikan,” ungkapnya.

Dewan pembina lembaga adat Tolaki ini juga mengungkapkan 1.700 desa/kelurahan di 17 kabupaten dan kota di Sultra memiliki 21 bahasa daerah yang berbeda. “Bahasa daerah paling banyak di Buton Raya, setidaknya ada 7 bahasa daerah. Bahasa daerah itu adalah simbol lambang dari daerah. Mencerminkan identitas asal baik dari daerah kepulauan atau daratan. Bahasa juga merupakan alat komunikasi dan perekat guna mempersatukan semua gagasan dan semua cita-cita yang akan kita gapai,” pungkasnya. (yog/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy