Laporkan Jika Ada Dugaan Pelanggaran Pilkada! – Kendari Pos
Politik

Laporkan Jika Ada Dugaan Pelanggaran Pilkada!

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi, Bawaslu Muna, Ali Darma memberikan penjelasan saat sosialisasi pengawasan partisipatif masyarakat pada Pilkada di Kecamatan Katobu, kemarin.

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Muna intens mengedukasi masyarakat agar terlibat mengawasi Pilkada. Karena itu, sosialisasi pengawasan partisipatif kepada masyarakat terus dilakukan secara berkala. Kemarin (11/2), warga Kecamatan Katobu diedukasi tentang pentingnya mengawal Pilkada agar terlaksana dengan bersih dan berintegritas.

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi, Bawaslu Muna, Ali Darma meminta masyarakat tidak segan melaporkan kepada Bawaslu jika menemukan atau mengetahui dugaan pelanggaran Pilkada. Masyarakat dilibatkan guna perpanjangan tangan organisasi dalam mengawasi seluruh tahapan politik yang akan berlangsung.

“Ini sifatnya edukasi dan pencerahan kepada masyarakat. Mengingat tahapan Pilkada sudah dimulai, maka diperlukan peran serta masyarakat untuk membantu kinerja Bawaslu dalam mengawasi jalannya pesta demokrasi,” terangnya.

Ali Darma menekankan, dalam pengawasan partisipatif, masyarakat dapat berperan sebagai pelapor, informan ataupun pemberi pendidikan politik. Tata caranya dapat dilakukan dengan pro aktif melaporkan kejanggalan jalannya tahapan Pemilu kepada penyelenggara, Bawaslu maupun Kepolisian. Jika tidak, masyarakat cukup memberi informasi awal kepada pengawas Pemilu untuk ditindak lanjuti oleh pengawas.

“Minimal, masyarakat bisa memberi edukasi kepada keluarga dan masyarakat perihal aturan maupun informasi mengenai tahapan dan ketentuan dalam Pilkada. Kami menyiapkan posko di setiap desa dan kelurahan. Masyarakat bisa melaporkan temuan apa saja terkait Pemilu di sana,” terangnya.

Ali Darma memahami tidak mudah bagi masyarakat untuk melakukan pengawasan atau memberi informasi kejanggalan Pilkada secara sukarela. Masyarakat terkadang merasa takut membuat laporan terhadap oknum tertentu atau temuan tindakan pelanggaran dengan alasan keamanan pribadi. Meski demikian, Darma berharap masyarakat juga bisa memahami pentingnya sama-sama menjaga integritas Pilkada dengan mencegah adanya money politik, mobilisasi ASN maupun kampanye hitam.

“Pelapornya bisa kami rahasiakan. Ini penting karena pengawasan tidak bisa hanya mengandalkan Bawaslu, harus ada keterlibatan masyarakat. Tentu cara-cara pengawasan masyarakat bisa dilakukan secara diam-diam demi alasan keamanan,” jelasnya. (ode/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy