Kualitas Pendidikan Diakui Pemerintah Pusat, Akbid Paramata Raha Raih Akreditasi B – Kendari Pos
Edukasi

Kualitas Pendidikan Diakui Pemerintah Pusat, Akbid Paramata Raha Raih Akreditasi B

Dr, H. L.M.Baharuddin, M.Kes., Ketua Yayasan Pendidikan Sowite (kedua kiri), La Ode Muhlisi, A.Kep., M.Kes,, Sekretaris Yayasan, Rosminah Manayarif, S. SIT., M.Kes., Direktur Akbid Paramata (kanan) dan Hj.Kumalsari, S.Tr., Keb., Bendahara Akbid Paramata (kiri)

KENDARIPOS.CO.ID — Lembaga pendidikan di Pemerintah Kabupaten Muna terus meningkatkan kualitas legitimasi institusinya. Teranyar, Akademi Kebidanan Paramata, Raha berhasil meraih akreditasi B pada tahun ini. Pencapaian itu menjadi kado istimewa mengingat lembaga itu baru saja mewisuda 35 mahasiswanya pada, Senin (10/2) lalu. Akreditasi itu juga diraih setelah 10 tahun eksis membuka layanan pendidikan.

Ketua Yayasan Pendidikan Sowite, LM. Baharuddin menerangkan pencapaian Akbid Paramata sangat membanggakan mengingat level akreditasi B hanya mampu di raih beberapa kampus serupa di Sulawesi Tenggara. Label itu menjadi bukti kualitas penyelenggaraan pendidikan di kampus itu sudah diakui pemerintah pusat. “Tidak akan ada lagi yang meragukan Akbid sebagai rujukan pendidikan. Akreditasi B menjadi bukti kualitas institusinya,” terangnya.

Mantan Bupati Muna periode 2010 – 2015 itu menerangkan, mahasiswa akan meraih sejumlah keuntungan pasca meningkatnya nilai akreditasi tersebut. Beberapa diantaranya ialah standar pendidikan kebidanan di kampus itu telah dinyatakan baik oleh pemerintah pusat. Selanjutnya, setiap mahasiswa akan diakui kualifikasi keilmuannya dan berkorelasi pada tingkat penerimaan di dunia kerja pasca lulus kuliah. “Jadi ini promosi juga agar peserta didik dari Muna, Muna Barat, Buton Tengah dan Buton Utara bisa mengambil kuliah disini,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Akbid Paramata Raha, Rosmina Manasyarif mengatakan, akreditasi B yang diraih institudinya sudah melalui tahap penilaian sejak 2019 lalu oleh tim yang dipimpin Ketua Program Studi Kesehatan, STIKES Ahmad Yani, Ciamis Jawa Barat yang ditunjuk langsung oleh Lembaga Akreditasi Mandisi Perguruan Tinggi Kesehatan, Kementerian Kesehatan. Kampus itu lulus dari tiga indikator penilaian yakni proses pembelajaran, pengabdian masyarakat dan penelitian. “Total nilainya 307 dan layak naik akreditasi dari C menjadi B,” terangnya.

Akbid Paramata Raha sendiri membuka satu program studi Diploma III Kebidanan. Ada 104 mahasiswa aktif dari tiga angkatan yang tengah menempuh studi. Kampus itu sudah menamatkan delapan angkatan alumni. Proses pembelajaran ditunjang lima dosen dengan kualifikasi pendidikan linear. Pasca akreditasi B itu, Rosmina akan meningkatkan kualitas perkuliahan agar kualifikasi akreditasi bisa mencapai nilai A. “Prosesnya sulit tetapi kami tetap terus berbenah. Tahun depan kami akan menyiapkan supervisi lagi,” pungkasnya. (Ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy