Kualitas Kredit di Sultra Semakin Baik – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Kualitas Kredit di Sultra Semakin Baik

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Kinerja sistem keuangan Sulawesi Tenggara (Sultra) hingga akhir 2019 berada pada level yang terjaga. Hal itu tercermin dari pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) kredit dengan kualitas kredit yang semakin baik. DPK pada triwulan IV 2019 tumbuh sebesar 14,3 persen (yoy) dan turut mendorong fungsi intermediasi perbankan. Penyaluran kredit juga menunjukkan kenaikan yakni sebesar 16,9 persen (yoy) lebih tinggi dari periode sebelumnya sebesar 12,6 persen (yoy).

Kepala KPw Bank Indonesia (BI) Sultra, Suharman Tabrani mengungkapkan, penyaluran kredit terbesar masih didominasi kredit konsumsi dengan pangsa 55,7 persen, diikut kredit investasi dan kredit modal kerja dengan pangsa sebesar 23,9 persen dan 20,3 persen. “Pertumbuhan kredit tersebut diikuti dengan perbaikan kualitas kredit yang semakin baik,” ujar Suharman.

Sementara itu, sistem pembayaran secara tunai tercatat mengalami net outflow sebesar Rp1,61 triliun pada triwulan IV 2019. Hal ini didorong oleh pembayaran proyek pemerintah dan periode Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) pada akhir tahun. Sedangkan pada sistem pembayaran secara non tunai, terjadi peningkatan nilai nominal pada triwulan IV 2019 sebesar 143,21 persen (yoy) lebih tinggi dibandingkan peningkatan pada triwulan sebelumnya sebesar 84 persen (yoy). Transaksi melalui real time settlement (RTGS) mendominasi transaksi non tunai dengan pangsa sebesar 69,89 persen, diikuti sistem kliring nasional BI (SKNBI) sebesar 30,11 persen.

Adapun perekonomian Sultra pada triwulan IV 2019 tumbuh 6,87% persen (yoy), mengalami akselerasi dibandingkan triwulan sebelumnya yang tercatat 6,43 persen (yoy). Pada sisi permintaan, akselerasi didorong oleh komponen investasi yang didukung oleh pembangunan tiga mega proyek Pemerintah Provinsi Sultra serta komponen ekspor yang didorong akselerasi ekspor bijih nikel. Pada sisi penawaran akselerasi didorong oleh lapangan usaha pertanian.

“Ini seiring dengan kondisi cuaca yang kondusif sehingga mampu mendorong peningkatan produksi hasil pertanian dan perikanan,” terangnya.

Dengan realisasi tersebut, perekonomian Sultra pada 2019 tumbuh sebesar 6,51% (yoy), lebih tinggi dibandingkan tahun 2018 yang sebesar 6,42% (yoy). Akselerasi ini didukung oleh peningkatan konsumsi pemerintah, perlambatan impor, peningkatan pada lapangan usaha pertambangan, industri pengolahan, konstruksi, dan perdagangan.

“Memperhatikan kondisi perekonomian terkini, ekonomi Sulawesi Tenggara pada 2020 diperkirakan akan tumbuh pada kisaran 6,3 persen hingga 6,7 persen (yoy),” pungkasnya. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy