KPU Sultra Siapkan 1.941 TPS di Tujuh Kabupaten – Kendari Pos
Politik

KPU Sultra Siapkan 1.941 TPS di Tujuh Kabupaten

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyiapkan 1.941 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar pada tujuh kabupaten yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada 23 September 2020 mendatang. Rinciannya, di Kabupaten Buton Utara sebanyak 204 TPS, Konawe Kepulauan 99 TPS, Konawe Selatan 520 TPS, Kolaka Timur 290 TPS, Konawe Utara 200 TPS, Muna 301 TPS dan Wakatobi 327 TPS.

Suasana simulasi pemilihan pada salah satu TPS yang digelar KPU Sultra beberapa waktu lalu. Jelang Pilkada serentak tahun 2020 ini, jumlah TPS yang akan disiapkan sudah direncanakan, sesuai DPT.

“Jumlahnya cukup banyak dan saya kira bisa menjangkau seluruh masyarakat yang ada di pedalaman,” kata La Ode Abdul Natsir Muthalib, Ketua KPU Sultra, kemarin. Untuk jumlah personel yang dalam sebuah TPS kata Natsir, terdiri dari tujuh orang Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) ditambah dua orang petugas keamanan dan ketertiban. “Jadi jumlah personel kita nanti sekitar 17.469 orang,” bebernya.

Natsir menganggap penting hadirnya KPPS di TPS, sebagai ujung tombak penyelenggara Pilkada di tingkat bawah. “Suksesnya Pilkada bukan hanya pada level atas, melainkan juga melalui penyelenggara ditingkat bawah saat mengawal proses pemungutan suara,” tuturnya. Sementara itu, untuk jumlah pemilih pada Pilkada nanti, Natsir memprediksikan jumlahnya bisa mencapai 620.541 pemilih. Itu berdasarkan data daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu sebelumnya (Pilpres dan Pileg) tahun lalu.

“Kemungkinan bisa bertambah, bisa juga berkurang. Kita masih tunggu proses rekapitulasi DPT yang rencananya akan kita laksanakan pada Maret mendatang,” tutupnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy