Koperasi CU Mentari Kasih Target Tingkatkan Aset – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Koperasi CU Mentari Kasih Target Tingkatkan Aset

KENDARIPOS.CO.ID — Sebagai bentuk pertanggungjawaban pengurus dan pengawas kepada anggota, Koperasi Credit Union (CU) Mentari Kasih menggelar Rapat Akhir Tahunan (RAT) 2019 bertempat di Same Hotel Kendari, Sabtu (1/2) lalu.

Kepala Seksi Bidang Pemeriksaan dan Pengawasan Dinas Koperasi dan UMKM Sultra, Amlin (keenam dari kanan), Pendiri dan Penasehat CU Mentari Kasih, Fredy Rante Taruk, PR (ketiga dari kanan), berfoto bersama usai pembukaan RAT 2019 CU Mentari Kasih, beberapa waktu lalu.

Fredy Rante Taruk, PR, selaku pendiri, penasehat, sekaligus fasilitator CU Mentari Kasih menyebut, koperasi yang berkantor di Kota Kendari ini selalu mengalami kemajuan dari tahun ke tahun berkat penerapan tata kelola yang sesuai standar. Saat ini, CU Mentari Kasih tercatat memiliki 6.178 anggota dan mengelola aset sebanyak Rp 104 miliar. “Ada peningkatan terus menerus. Secara keuangan juga sangat sehat. Saat ini, CU memberdayakan anggota lewat kelompok-kelompok usaha masyarakat,” ujar Fredy, kemarin.

CU Mentari Kasih sendiri bukan hanya sebatas lembaga peminjaman dana. Koperasi ini rutin mengadakan pelatihan kecakapan pengelolaan keuangan kepada para anggota. Hal itu untuk mewujudkan visinya yakni menjadi lembaga pemberdayaan sosial ekonomi masyarakat Sultra yang aman, unggul, dan terpercaya. CU Mentari Kasih mendorong para anggota agar melakukan usaha produktif. Ada sejumlah usaha yang kini dikelola anggota CU Mentari Kasih yakni di bidang pertanian, peternakan, dan pengolahan jambu. “Ini diharapkan dapat meningkatkan penghasilan mereka,” tambah Fredy.

Tahun 2020, CU Mentari Kasih menargetkan menambah jumlah anggota hingga 8.000 orang dan mampu mengelola aset senilai Rp 140 miliar. “Ini target yang ingin diusahakan. Semoga bisa tercapai dan mampu menambah kelompok-kelompok usaha binaan baik pertanian, peternakan, maupun industri-industri rumah tangga,” pungkasnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Seksi Bidang Pemeriksaan dan Pengawasan Dinas Koperasi dan UMKM Sultra, Amlin mengatakan, di Sultra saat ini tercatat ada 4.273 koperasi. Jumlah tersebut menurun dari tahun 2018. Dari total itu, hanya ada 3.061 koperasi aktif. Sedangkan yang patuh melaksanakan RAT hanya sekitar 372 koperasi. “Kami sangat mengharapkan agar koperasi yang sudah selesai tahun bukunya segera melaksanakan RAT. Koperasi hanya bisa dikatakan beroperasi jika dibuktikan dengan RAT dan laporan keuangan,” tuturnya.

Lanjut dia, sekarang ini banyak yang menamkan diri sebagai koperasi namun tapi tidak bergerak sesuai prinsip koperasi. “CU Mentari Kasih sudah beroperasi sesuai peraturan undang-undang tinggal ditingkatkan lagi pengeloaannya. Pemberdayaan koperasi penting karena sangat membantu pertumbuhan ekonomi daerah,” tutupnya. Diketahui, CU Mentari Kasih yang telah berdiri sejak 2017 sebagai koperasi primer, kini memiliki empat daerah pelayanan yang meliputi Kendari, Unaaha, Kolaka, dan Labasa. (uli)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy