Kode Wilayah Nambo Segera Ditetapkan – Kendari Pos
Metro Kendari

Kode Wilayah Nambo Segera Ditetapkan

Salah satu wisata yang berada di daerah Nambo

KENDARIPOS.CO.ID — Nambo bakal naik status menjadi Kecamatan. Usulan perbaikan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diajukan Pemkot Kendari telah mendapat lampu hijau dari Menteri Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dalam waktu dekat, kode wilayah Kecamatan Nambo akan ditetapkan.

“Alhamdulillah, pengajuannya sudah diperbaiki dan diserahkan ke pusat. Baru-baru ini, Kemendagri telah menyetujui,” beber Sulkarnain Kadir, Wali Kota Kendari kemarin.

Proses pengusulan Nambo menjadi Kecamatan terbilang alot. Awalnya, rancangannya ditolak Kemendagri. Namun setelah dilakukan perbaikan, barulah usulannya direstui. Kini, penetapan kode wilayahnya tinggal menunggu proses administrasinya saja. “Kalau sudah rampung, Nambo akan menjadi kecamatan. Jadi kita tunggu saja prosesnya,” tuturnya.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menambahkan salah satu alasan pemekaran Nambo menjadi kecamatan baru adalah untuk meningkatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Sebab, ketika masih bergabung dengan Kecamatan Abeli pengurusan berkas administrasi cukup jauh, misalnya saja Kelurahan Tondonggeu yang berada di perbatasan Kota Kendari dan Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Di sisi lain, pemekaran ini pun akan mempermudah koordinasi antar kelurahan dengan pemerintah kota sehingga porgram strategis bisa dijalankan dengan baik. “Kita bersyukur dari langkah dan upaya dari Pemkot telah berbuah manis. Sehingga, proses pemerintahan di Kecamatan tersebut akan segera terlaksana, seperti kecamatan-kecamatan lainya,” tukasnya.

Sebelumnya, Kemendagri sempat menolak usulan Pemkot Kendari. Melalui Pemprov Sultra, Kemendagri meminta akan dilakukan perbaikan dan disusun kembali Raperda nomor 2 tahun 2017 tentang pembentukan Kecamatan Nambo. Pasalnya, beberapa isi Raperda tersebut dianggap tidak sesuai dengan aturan. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy