Kinerja Baik, Tren Kredit di Pegadaian Kendari Meningkat – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Kinerja Baik, Tren Kredit di Pegadaian Kendari Meningkat

Tampak beberapa perhiasan berbahan emas yang dipajang di Etalase Galeri Pegadaian Kendari

KENDARIPOS.CO.ID — PT Pegadaian (persero) Cabang Kendari mengklaim kinerjanya semakin membaik. Hal tersebut ditandai dengan penyaluran kredit yang menunjukkan pertumbuhan secara positif. Kepala Cabang Pegadaian Kendari, Mustamin Takwin mengatakan, pertumbuhan kredit di tahun 2019 rata-rata mencapai angka lima sampai enam persen. “Januari sampai Desember 2019 tren kredit di Pegadaian Kendari meningkat,” ujar Mustamin, kemarin.

Ia menyebut, pelayanan pencairan dana pinjaman pegadaian yang sangat cepat menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Sehingga pegadaian menjadi pilihan pertama bagi mereka yang ingin mendapatkan dana segar. Sesuai taglinenya “15 menit cair” pelayanan kredit Pegadaian diproses secara cepat baik untuk kebutuhan konsumtif maupun kebutuhan produktif lainnya. Dari sisi kepercayaan, Pegadaian juga masih dipercaya masyarakat. Tak hanya karena statusnya sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menimbulkan rasa aman bagi nasabah, melainkan juga karena pelayanan yang maksimal.

“Jaminan di Pegadaian diasuransikan baik untuk jaminan yang cacat maupun kehilangan. Penggantiannya hingga 140 persen dari nilai jaminan. Ini berlaku untuk semua jenis barang yang digadaikan. Tapi sejauh ini Pegadaian Kendari belum pernah mengalami kehilangan barang gadai dari nasabah,” imbuhnya. Mengenai kredit macet, nasabah Pegadaian Kendari, kata dia, sangat patuh bahkan mencapai 99 persen. Diakuinya, tantangan pegadaian di tahun ini cukup kompleks namun Pegadaian masih mampu menunjukkan kinerja positifnya karena ditopang berbagai produk gadai yang inovatif.

Sementara itu, harga emas batangan di Pegadaian pada pekan lalu terpantau mengalami kenaikan dibandingkan sebelumnya. Emas cetakan Antam ukuran 0,5 gram dijual seharga Rp 419 ribu naik Rp 1 ribu dibandingkan dengan hari sebelumnya. Adapun emas cetakan UBS dengan ukuran yang sama masih dijual dengan harga Rp 414 ribu atau tidak mengalami perubahan.

Harga emas cetakan Antam ukuran 1 gram bertahan di angka Rp 784 ribu. Untuk emas UBS yang produksi PT Untung Bersama Sejahtera, 1 gramnya dipatok Rp 769 ribu mengalami penurunan dari hari sebelumnya yang dijual Rp 777 ribu. Untuk ukuran 2 gram, baik emas Antam maupun UBS mengalami penurunan. Emas Antam dibanderol seharga Rp 1,510 juta menurun Rp 4 ribu, sedangkan emas UBS 2 gram seharga Rp 1,509 juta menurun Rp 4 ribu dari hari sebelumnya. Harga emas cetakan Antam ukuran 5 gram dipatok seharga Rp 3,749 juta, tidak mengalami perubahan. Sedangkan harga emas UBS ukuran yang sama dibanderol Rp 3,698 juta. Harga emas Antam 10 gram tidak bergerak dari posisi Rp 7,440 juta. Untuk ukuran yang sama, harga emas UBS dijual seharga Rp 7,345 juta. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy