Khusus Pemeriksaan Vitamin D, Prodia Kendari Tawarkan Biaya Terjangkau – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Khusus Pemeriksaan Vitamin D, Prodia Kendari Tawarkan Biaya Terjangkau

Karyawan Prodia sedang melakukan pemeriksaan kesehatan

KENDARIPOS.CO.ID — Sebagai negara beriklim tropis, mayoritas wilayah negara kita selalu disorot oleh sinar matahari tegak lurus. Kondisi ini mestinya dimanfaatkan sebagai potensi alam. Sayangnya, belum dimaksimalkan, terutama mereka yang tinggal di kota besar yang memulai aktivitas (pekerjaan di luar rumah) sebelum matahari terbit, pulang beraktivitas setelah matahari terbenam, dan seharian penuh berada di ruang tertutup yang ber-AC. Tentu hal itu akan berdampak, yakni kekurangan (defisiensi) vitamin D.

Customer Care Prodia Kendari, Novita Ayu, mengatakan, vitamin D merupakan suatu vitamin larut lemak yang sangat penting untuk tubuh manusia. Bentuk vitamin D yang paling banyak di dalam tubuh yaitu vitamin D3 (kolekalsiferol) dan vitamin D2 (ergokalsiferol).

“Vitamin D3 dapat dihasilkan pada lapisan kulit tubuh sebagai respon terhadap paparan sinar matahari, dan juga dapat diperoleh dari asupan makanan seperti oily fish terutama ikan salmon, sarden dan mackerel. Sementara vitamin D2 dapat diperoleh dari sayuran, ragi dan jamur,” ujar Novita, kemarin.

Fungsi vitamin D sendiri, lanjut dia, yakni untuk menjaga konsentrasi normal kalsium dan fosfat dalam darah, sehingga selalu dikaitkan dengan kesehatan tulang. Kalsium membutuhkan “mitra kerja” yaitu vitamin D yang dapat membantunya agar terserap sempurna di dalam tubuh sehingga dapat berguna secara maksimal untuk mempertahankan kepadatan dan kekuatan tulang. Tanpa vitamin D, hanya 10-15% dari kalsium yang kita konsumsi akan diserap. Bila jumlah kalsium yang diserap tidak mencukupi, maka tubuh pun akan mengambil kalsium yang ada di dalam tulang dan dapat menyebabkan kehilangan massa tulang hingga meningkatkan risiko terjadinya osteoporosis.

Akan tetapi sekarang ini manfaat vitamin D semakin meluas, yakni memberikan pengaruh terhadap fungsi berbagai sistem dalam tubuh seperti sistem pertahanan tubuh, kardiovaskular dan sistem endokrin. “Maka ketika terjadi kekurangan vitamin D akan meningkatkan risiko beberapa penyakit seperti osteoporosis, penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes, dan penyakit infeksi (seperti infeksi saluran pernafasan, influensa dan tuberkulosis),” terangnya.

Sayangnya, kata dia, kekurangan vitamin D adalah penyakit yang sulit dideteksi, atau biasa disebut sebagai silent disease. Tidak ada gejala spesifik yang menyertai kondisi kekurangan vitamin D. Status vitamin D dapat diketahui dengan pemeriksaan vitamin D 25-OH total. Dengan mengetahui status vitamin D seseorang (cukup, tidak cukup/insufisiensi, kurang/defisiensi ataupun berlebih/toksisitas) maka kondisi kekurangan vitamin D yang merupakan suatu silent disease dapat diatasi segera. Pemeriksaan vitamin D 25-OH total penting untuk dilakukan terutama oleh individu dengan risiko tinggi kekurangan vitamin D seperti mendapat sedikit paparan sinar matahari/aktivitas lebih banyak dalam ruangan, berusia lanjut (60 tahun atau lebih), mendapat terapi osteoporosis, terbiasa menggunakan sunscreen atau pakaian tertutup, obesitas, mengalami gangguan hati atau ginjal.

Mengenai pemeriksaan vitamin D, Prodia Kendari menawarkan keringanan biaya sebesar 20 persen sepanjang Februari 2020. “Kami menawarkan pemeriksaan vitaminD dengan biaya terjangkau selama 1-29 Februari 2020. Promo ini berlaku di seluruh Prodia, termasuk Prodia Children’s Health Centre (PCHC), Prodia Women’s Health Centre (PWHC), dan Prodia Senior Health Centre (PSHC),” pungkasnya. (uli/rls)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy