Ketua Dewan Adat Patowonua Kolut Dikukuhkan – Kendari Pos
Kolaka Utara

Ketua Dewan Adat Patowonua Kolut Dikukuhkan

KENDARIPOS.CO.ID — Masmur Lakahena resmi menjabat sebagai Ketua Dewan Adat Patowonua Kabupaten Kolaka Utara (Kolut). Ia terpilih melalui musyawarah besar (Mubes) yang dihadiri masyarakat dan para pengurus Mokole dari Rahambuu, Wawaruo, Watunohu dan Kodeoha. Dalam Mubes yang dihelat di Pantai Berova, Lasusua, Kamis (20/2), turut hadir Bupati Kolut, Nur Rahman Umar sekaligus membuka kegiatan, bersama Kapolres, AKBP I Wayan Riko Setiawan, SIK.

“Kami mendukung kegiatan ini sebagai upaya dan kewajiban pemerintah mendorong eksistensi pelestarian tradisi, adat dan budaya di wilayah masing-masing. Di Kolut kita kenal empat Mokole. Seiring perkembangan jaman, ini mulai terkikis karena banyak faktor. Mulai semakin berkurangnya tokoh budaya lokal, perkawinan antar suku hingga kecintaan budaya lokal di kalangan generasi muda yang kian menipis,” kata Nur Rahman Umar.

Bupati Kolut, Nur Rahman Umar (kiri) ketika menghadiri sekaligus membuka Mubes pemilihan Ketua Dewan Adat Patowonua yang turut diramaikan masyarakat dan para pengurus Mokole dari Rahambuu, Wawaruo, Watunohu dan Kodeoha.

Melalui Mubes tersebut, Pemkab mengharapkan budaya yang pernah hidup dapat digali kembali sebagai warisan istiadat lokal di Bumi Patowonua. Ia mengajak seluruh pengurus dewan adat agar bekerja ikhlas, memiliki dedikasi, semangat dan pantang menyerah. “Mari kita junjung tinggi, menghargai serta terus melestarikan dan jangan terpecah belah,” tutupnya.

Usai terpilih, Masmur Lakahena mengatakan langkah pertama yang akan dilakukannya adalah menyusun pengurus, sekaligus pengukuhannya dengan mengundang para tokoh adat se-Sultra. Bekerja sama dengan pemerintah, Masmur telah merencanakan bakal menggelar “Pekan Adat Patowonua” dalam sepekan. Usai Mubes, rangkaian dilanjutkan dengan melihat progres pembangunan rumah adat yang bertempat di sisi selatan Pantai Berova. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy