Kericuhan Kongres PAN Ubah Persepsi Publik – Kendari Pos
Nasional

Kericuhan Kongres PAN Ubah Persepsi Publik

Salah seorang kader PAN mengalami luka-luka akibat insiden lempar kursi di Claro Hotel Kendari, di sela Kongres PAN beberapa waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Kericuhan saat Kongres V Partai Amanat Nasional (PAN) di Kendari, Sulawesi Tenggara, dikhawatirkan bisa mengubah persepsi publik. Ketidakdewasaan dalam berpolitik hingga turunnya kredibilitas tokoh partai membuat kepercayaan masyarakat menjadi menurun.

Pengamat Politik Emrus Sihombing berpendapat, aksi saling lempar kursi yang terjadi di Kongres V PAN itu, setidaknya menyampaikan dua pesan sekaligus kepada masyarakat. Sebab, hal itu sangat tidak menguntungkan bagi perjalanan politik PAN menghadapi kontestasi politik ke depan dan pelaksanaan kongres itu sendiri.

“Pertama, ketidakdewasaan politik. Peristiwa yang sangat memprihatinkan ini menyampaikan makna kepada publik secara umum di PAN sedang terjadi ketidakdewasaan berpolitik. Secara khusus bagi para politisi yang melakukan tindakan saling melempar kursi di ruang kongres,” kata Emrus di Jakarta, Selasa (11/2).

Suka tidak suka, kejadian ini bisa menimbulkan penilaian publik bahwa PAN belum menjadi partai yang dapat menyelesaikan perbedaan politik antar faksi di PAN secara elegan dan dewasa. Perilaku saling melempar kursi menunjukkan para politisi di PAN masih didominasi oleh emosi.

Padahal, fungsi sebuah partai memberikan teladan, pendidikan dan kedewasaan politik kepada masyarakat. Sekaligus wadah untuk melahirkan pemimpin legislatif dan eksekutif yang mumpuni. “Menurut hemat saya, mereka yang saling melempar kursi tersebut belum memenuhi syarat sebagai anggota dan kader sebuah partai moderen. Hal ini sekaligus menunjukkan belum layak menjadi pemimpin publik. Baik sebagai anggota legislatif maupun pimpinan eksekutif,” beber akademisi Universitas Pelita Harapan tersebut.

Kredibilitas suatu partai politik sangat ditentukan oleh perilaku keseharian para tokoh tersebut ketika menangani berbagai persoalan internal partai. “Jadi, peristiwa yang terjadi Kongres V PAN tersebut tidak hanya evaluasi bagi para pelakunya. Tetapi yang sangat penting merupakan introspeksi bagi para tokoh di PAN sendiri,” jelasnya. (khf/fin/rh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy