Kenalkan Jurusan Ilmu Tanah, Siswa SMAN 7 Poleang Dimotivasi Kuliah – Kendari Pos
Edukasi

Kenalkan Jurusan Ilmu Tanah, Siswa SMAN 7 Poleang Dimotivasi Kuliah

Zulfikar, S.P., M.P., Ketua Jurusan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian UHO, saat sosialisasi di SMAN 7 Poleang Selatan Kabupaten Bombana, pekan lalu

KENDARIPOS.CO.ID — Pendidikan menjadi hal yang prioritas penting, pendidikan yang baik bisa dijadikan modal investasi masa depan. Pendidikan yang baik dan berkualitas dapat menentukan karir seseorang dalam dunia kerja sehingga menjadi lebih profesional.

Pendidikan pada tingkat perguruan tinggi saat ini dipandang penting oleh masyarakat. Saat ini perguruan tinggi terus meningkatkan kualitas agar dapat menarik minat siswa-siswi SMA sederajat menempuh perkuliahan di kampusnya masing-masing. Pilihan jurusan/program studi menjadi hal penting dan banyak ditanyakan oleh calon mahasiswa. Oleh karena itu dalam rangka menarik minat siswa SMA sederajat untuk kuliah di Universitas Halu Oleo (UHO) tahun 2020 khususnya pada Jurusan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian UHO, beberapa waktu lalu ketua dan sekretaris Jurusan Ilmu Tanah UHO melakukan sosialisasi pada sejumlah SMA di Sulawesi Tenggara.

Zulfikar, S.P., M.P selaku Ketua Jurusan Ilmu Tanah menjelaskan bahwa tidak ada strategi khusus untuk menarik minat siswa-siswi SMA sederajat untuk masuk di Program Studi Ilmu Tanah, tetapi lebih pada memotivasi mereka untuk kuliah adalah hal yang terpenting. “Mau memilih Prodi Ilmu Tanah itu hal yang kedua, yang terpenting mereka mengerti bahwa strategi “investasi leher keatas” adalah hal yang mereka perlu usahakan dan wujudkan untuk menggapai impian mereka. Setelah mereka paham tentang hal tersebut, memilih program studi ilmu tanah sebagai tempat mereka kuliah adalah strategi selanjutnya, karena Prodi Ilmu tanah telah terakreditasi oleh BAN PT dan jaminan/kualitas mutu telah terstandar berdasarkan ISO 90001,” terangnya.

Lanjutnya, mahasiswa Prodi Ilmu Tanah FP UHO diarahkan untuk menjadi sarjana pertanian unggul di bidang ilmu tanah dalam pengelolaan sumber daya tanah dan lahan pedesaan, pesisir, dan pulau-pulau kecil dalam sistem produksi pertanian berkelanjutan sebagai ciri Program Studi Ilmu Tanah UHO yang tidak dimiliki oleh prodi lain yang sejenis di Indonesia. Menurut Zulfikar, berdasarkan pengalaman alumni Prodi Ilmu Tanah FP UHO, dengan penguasaan ilmu-ilmu yang didapat pada waktu kuliah serta kemampuan dan kompetensi diri yang dimiliki. “Saat ini mereka memiliki kesempatan kerja yang luas, ada yang telah sukses bekerja sebagai pegawai negeri dan swasta, manager dan wirausahawan, pendidik dan peneliti, LSM, perbankan, konsultan, bahkan lulusan Jurusan/Prodi Ilmu tanah dapat menciptakan lapangan kerja sendiri, sehingga kuliah di Prodi Ilmu Tanah FP UHO adalah pilihan yang tepat,” tutup Kandidat Doktor pada UHO ini. (hel/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy