Kemenkes Bantah Enam Orang Suspect Virus Korona Masuk Batam – Kendari Pos
Nasional

Kemenkes Bantah Enam Orang Suspect Virus Korona Masuk Batam

Upaya pencegahan virus korona menyebar, petugas melakukan pengecekan kesehatan

KENDARIPOS.CO.ID — Pintu masuk Indonesia dari Singapura salah satunya bisa melalui Batam, Kepulauan Riau. Pengetatan pintu masuk tersebut sudah dilakukan Kementerian Kesehatan menyusul wabah virus Korona jenis baru dari Wuhan, Tiongkok, sudah menyebar dari manusia ke manusia di Singapura.

Meski begitu, Kemenkes membantah adanya kabar yang menyebutkan 6 orang suspect virus Korona dari Singapura masuk ke Indonesia lewat jalur Batam.
Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Achmad Yurianto menjelaskan 6 orang tersebut bukan suspect. Protokol Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa suspect tidak boleh melakukan perjalanan lintas negara.

“Suspect adalah orang yang sakit dan sedang menunggu hasil tes. Sehingga 6 orang tersebut tidak mungkin dalam status suspect,” kata Yurianto, Minggu (9/11). Tim Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan Dinkes Tanjungpinang telah menemui 6 orang tersebut. Semua orang atau pelaku perjalanan yang disebut dalam laporan tersebut dapat ditemui, dianamnesis dan diperiksa. “Hasil pemeriksaan tidak menunjukkan demam dan tidak sesak nafas,” jelasnya.
Sebelumnya Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan dr. Wiendra Waworuntu, M.Kes menjelaskan pihaknya sudah membatasi pintu-pintu penerbangan atau pelabuhan. Sebab virus tersebut sudah menular dari manusia ke manusia.
Kemenkes terus memantau pergerakan dari orang per orang dari Singapura, termasuk lewat jalur laut seperti kapal feri. Salah satunya bandara dan pelabuhan, mengingat transit dari Singapura ke Batam jaraknya sangat dekat. Bahkan di pelabuhan saja, awak kapal dari Tiongkok pun tak boleh turun menurunkan barang-barang.

Khawatir Masuk Lewat Singapura

Singapura saat ini sudah berstatus oranye atau sudah tahap sangat serius akan penyebaran virus korona. Hal ini lantaran, di negara itu diketahui beberapa warganya positif mengidap virus mematikan tersebut. Salah satu daerah yang dekat dengan Singapura, yakni Batam.
Oleh sebab itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai memperketat lalu lintasnya di pelabuhan. Kemenhub telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor SE. 5 Tahun 2020 yang berisi instruksi untuk seluruh penyangga pelabuhan yang ada di seluruh Indonesia.

“Kita sudah mengeluarkan surat edaran ke pelabuhan-pelabuhan ya. Di situ ada warning-warning dan di situ juga ada action-action yang dilakukan oleh border gate kita yang ada di pelabuhan-pelabuhan di terminal penumpang di sana. Soalnya kan Singapura juga sudah ada yang terjangkit di sana ya. Sudah diantisipasi lebih ketat,” kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub Wisnu Handoko, Minggu (9/2).

Saat ini, penjagaan di pelabuhan Batam sudah makin diperketat, di mana setiap orang yang masuk ke pelabuhan harus mengisi form data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan thermal scanner atau alat pendeteksi suhu tubuh. “Makin diperketat, makin diperketat. Kemarin aja kita ngecek di sana itu, kita periksa itu (orang) dan mereka harus mengisi form untuk mencegah penyakit endemik itu masuk (Indonesia). Enggak (cuma thermal scanner), datanya harus diisi lengkap itu. Lebih (ketat) ini,” tutur dia.

Sebagai informasi, surat yang diedarkan tersebut utamanya untuk melakukan identifikasi terhadap kedatangan semua kapal yang melayani pelayaran luar negeri, baik langsung maupun transit, khususnya dari negara-negara yang terinfeksi virus korona. “Telah diinstruksikan kepada seluruh penyelenggara pelabuhan untuk melakukan pengawasan lebih terhadap kapal yang mengangkut penumpang dan barang yang melayani pelayaran, khususnya dari Tiongkok dan Hongkong,” jelas Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ahmad. (ani/wan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy