Kembangkan Wisata, Ali Mazi Libatkan Seluruh OPD – Kendari Pos
Metro Kendari

Kembangkan Wisata, Ali Mazi Libatkan Seluruh OPD

KENDARIPOS.CO.ID — Gubernur Sultra, Ali Mazi sangat getol mengembangkan destinasi wisata di Bumi Anoa. Sebagai bentuk keseriusan, orang nomor satu di Sultra ini pun telah meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ikut terlibat. Pasangan Lukman Abunawas ini mewajibkan setiap OPD melakukan terobosan dalam mendukung pariwisata di Sultra.

Plt Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sultra, Gusti Panca mengatakan pariwisata kini menjadi leading sektor. Makanya, pengembangan destinasi wisata saat ini telah melibatkan semua OPD. “Dalam rangka memfollow up instruksi pak gubernur, kami intens berdiskusi dengan OPD lain. Sejauh ini, mereka sangat membantu dan berperan aktif. Dalam beberapa kali pertemuan, kami banyak mendapat gambaran tentang inovasi yang akan dilakukan sejumlah OPD,” ujarnya kemarin.

Saat ini kata dia, setiap OPD harus memiliki program yang akan mendukung pariwisata, baik itu dari segi anggaran serta locusnya di mana akan dibangun. Apakah di Toronipa, Kendari, Wakatobi, Baubau maupun Pulau Hari. Nantinya, seluruh objek wisata di Sultra memiliki akses penghubung. “Jadi kami mau, program dan locusnya bagaimana. Sebab kami sudah berikan jalur laut dari Toronipa ke Labengki, Saponda laut, Sapoda darat, pulau hari, Wakatobi, Wakatobi-Pasar wajo, Pasar wajo-Babau. Nanti dari Baubau baru take off lagi ke negaranya masing-masing. Di setiap titik yang disinggahi itu apa yang akan dibangun oleh teman-teman OPD. Ini semua harus jelas,”ungkapnya.

Tiap titik singgahan para wisatawan sambungnya, harus ada sesuatu yang dibangun untuk membuat para pengunjung nyaman di pulau itu. Tidak hanya fasilitas wisata, namun juga klinik pengobatan atau Puskesmas hingga penjualan souvenir atau cenderamata. Sarana dan prasarana yang dibangun sifatnya permanen. Pasalnya, wisatawan yang berkunjung bisa kapan saja. Untuk penganggarannya, baru akan dibahas di APBD perubahan atau APBD induk 2021.

“Kami masih akan mengumpulkan dulu semua OPD, menampung masukannya serta menyampaikan hasil ini kepada pak gubernur. Nanti beliau yang akan memanggil setiap kepala OPD untuk memaparkan. Jadi kasarnya dulu kita laporkan ke gubernur. Setelah itu paparan apa yang akan mereka bikin sehingga pak gubernur tau apa yang akan dilakukan secara global. Serta arah dari setiap OPD,”jelasnya. (b/rah/yog)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy