Kawasan Toronipa akan Dibangun Hotel Bintang Lima, Termasuk Dermaga Kapal Pesiar – Kendari Pos
Metro Kendari

Kawasan Toronipa akan Dibangun Hotel Bintang Lima, Termasuk Dermaga Kapal Pesiar

KENDARIPOS.CO.ID — Ambisi Ali Mazi menyulap Toronipa sebagai destinasi kelas dunia bukanlah mustahil. Sejumlah investor telah menunjukan ketertarikannya mewujudkan gagasan tersebut. Tidak hanya membangun hotel bintang lima, investor pun siap membangun fasilitas pendukung. Hanya saja, tawaran tersebut belum diamini Ali Mazi. Pasalnya, Pemprov Sultra masih merampungkan master plane penataan kawasan pariwisata terpadu Toronipa.

Plt Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sultra, I Gede Panca mengatakan pemerintah begitu serius menjadikan Toronipa sebagai terminal penghubung destinasi wisata di Bumi Anoa. Sejumlah infrastruktur mulai dan akan dibangun. Bahkan beberapa investor telah mengajukan ketertarikan membangun hotel bintang lima dan fasilitas lainnya di kawasan wisata terpadu Toronipa. “Toronipa akan ditata. Nanti, akan dibangun Hotel bertaraf internasional yang dilengkapi dermaga kapal yacth, kapal live on board (LOB), bahkan kapal pesiar. Dengan begitu, kapal-kapal wisata ini bisa berlabuh di kawasan ini. Jadi nanti kawasan Toronipa ini akan menjadi terminal, Sudah ada beberapa investor yang tertarik membangun Hotel dan fasilitas pendukungnya,” ujar Panca.

Dengan adanya pembangunan hotel tersebut, akan diharapkan dapat melayani seluruh wisatawan. Baik wisatawan lokal, maupun wisatawan internasional. Hotel tersebut pun nantinya, akan menyiapkan berbagai fasilitas penunjang, hingga makanan khas. “Bayangkan kalau kapal pesiar datang membawa wisatawan 1.500 orang saja, hotelnya di mana, tranportasi daratnya bagaimana, makanannya bagaimana. Dan juga makanan khas daerah yang harus mengikuti selera mereka,” bebernya.

Saat ini, pembangunan The Toronipa Hotel masih dalam tahap rancangan. Untuk anggaran maupun pengelolaan nantinya, masih akan dibahas secara detail. Kawasan wisata terpadu Toronipa pun, tidak hanya akan menyediakan fasilitas bagi wisatawan luar, akan tetapi juga wisatawan lokal. “Jangan sampai nanti kita membangun hanya untuk wisatawan luar, kita sendiri tidak nikmati. Dan nanti itu ada kelas-kelasnya, mulai dari kelas menengah kebawah sampai menengah ke atas dan VVIP,” tutupnya.

Sebelumnya, Pemprov Sultra menggelar sayembara pembuatan desain kawasan terpadu wisata Toronipa. Para peserta nanti harus mampu membuat desain yang menyatukan alam terbuka hijau dan bangunan. Sebab, kawasan wisata terpadu Toronipa bakal dijadikan terminal pusat pariwisata di Sultra yang akan menghubungkan lokasi wisata lainnya, seperti Pulau Bokori, Pulau Saponda, dan Pulau Labengki. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy