Jembatan Lamoluo Tuntas, Akses Darat Tiga Kecamatan di Konkep Terkoneksi – Kendari Pos
Konawe Kepulauan

Jembatan Lamoluo Tuntas, Akses Darat Tiga Kecamatan di Konkep Terkoneksi

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PUPR Konkep, Unang (dua dari kiri, pakai rompi) memantau perbaikan jembatan Lamoluo. Akses antar wilayah di Pulau Wawonii, saat ini sudah bisa dilalui kendaraan.

KENDARIPOS.CO.ID — Gerak cepat Bupati Konawe Kepulauan (Konkep), Amrullah memuaskan masyarakat. Dalam tempo dua hari, instruksi Amrullah dituntaskan Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR). Konektivitas tiga kecamatan kembali terjalin setelah jembatan penghubung Lamoluo hanyut tergerus banjir, Senin (24/2) lalu.

Arus transportasi darat di Kecamatan Wawonii Barat, Wawonii Tengah, Wawonii Selatan dan Kecamatan Wawonii Tenggara kembali normal. Jembatan Lamoluo di Desa Bukit Permai Kecamatan Wawonii Barat dapat diakses roda dua dan roda empat. Meski bersifat sementara, jembatan Lamoluo yang dibenahi sudah bisa dimanfaatkan untuk kelancaran transportasi darat.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PUPR Konkep, Unang mengatakan jembatan Lamoluo yang sempat hanyut akibat banjir sudah dibenahi. Namun sifatnya hanya sementara. “Kami hubungkan akses darat dulu. Itu yang utama.Yang penting kendaraan roda empat sudah bisa lewat. Karena dua hari terakhir ini hanya kendaraan roda dua yang bisa lewat, itupun mereka harus membayar Rp 10 ribu, untuk melintas di jembatan darurat yang dibuat warga,” ujar Unang saat ditemui disela-sela kesibukannya memantau perbaikan jembatan Lamoluo, Rabu (26/2).

Kata dia, sarana penghubung di jalan poros Pelabuhan-Lampeapi itu, masih akan terus dibenahi. “Kita mau bentangkan batang kelapa untuk antisipasi agar tidak hanyut lagi,” sambung Unang.

Ia mengungkapkan, banjir yang terjadi awal pekan ini membuat lima unit jembatan rusak. Namun, hanya jembatan Lamoluo dan jembatan Waturai, Wawonii Tenggara, yang kondisinya tergerus arus sungai. Personel PUPR butuh waktu dua pekan untuk menghubungkan kembali jembatan Waturai. Pasalnya, jembatan tersebut bentangannya mencapai puluhan meter.

“Sekira dua minggu kita akan selesaikan jembatan Waturai. Karena panjangnya mencapai 25 meter. Konstruksinya kita akan menggunakan batang kelapa, agar bisa dilalui kendaraan. Saat ini tim Dinas PUPR masih bekerja di lapangan. Agar semua akses bisa terhubung. Sambil menunggu bahan yang saat ini sedang dipesan. Kita terus bergerak memperbaiki jalan dan jembatan secara berkesinambungan,” tandas Unang. (san/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy