Jembatan Hanyut Diterjang Banjir, Akses Warga Tiga Kecamatan di Konkep Putus Total – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Jembatan Hanyut Diterjang Banjir, Akses Warga Tiga Kecamatan di Konkep Putus Total

KENDARIPOS.CO.ID — Akses warga tiga kecamatan di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) terputus. Satu-satunya jenbatan yang menghubungkan Kecamatan Wawonii Barat, Wawonii Tengah dan Wawonii Selatan, putus total setelah terbawa arus sungai, akibat hujan deras yang melanda wilayah itu, Senin (24/2/2020) pukul 02.00 wita dinihari. Jembatan besi yang berada di Jalan Poros Pelabuhan-Lampeapi, Desa Bukit Permai, Kecamatan Wawonii, hanyut sejauh 20 meter dari tempatnya semula.

Menurut salah seorang warga setempat, Egi, hujan yang melanda Pulau Wawonii, jembatan tersebut putus akibat banjir setelah hujan mengguyur lebih dari satu jam. “Puncaknya hujan sekitar pukul 03.00 Wita. Selain jembatan, beberapa rumah warga juga terendam banjir,” ujar Egy.

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Konkep, Andi Muhammad Lutfi, langsung bergerak cepat untuk membenahi fasilitas umum yang hanyut. Kata Wabup, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konkep, melalui instansi BPBD, langsung bekerja. “Dalam dua hari kedepan, jembatan yang putus sudah tersambung kembali. BPBD sudah memproses anggaran darurat bencana untuk melakukan perbaikan beberapa vasilitas umum dan rumah-rumah warga yang rusak akibat banjir,” kata Wabup Konkep, Andi Muhammad Lutfi, Senin (24/2).

Kondisi jembatan hanyut. Akibatnya akses tiga kecamatan di Konkep putus total.

Kata dia, data yang masuk saat ini, baru jembatan Lamoluo, Kecamatan Wawonii Barat, yang rusak parah. Akses penghubung tersebut, sama sekali tidak bisa dilewati, baik kendaraan maupun warga. “Jembatan ini satu-satunya akses, dari Kecamatan Wawonii Tenggara, Wawonii Selatan dan Wawonii Barat. Ini yang harus kita tuntaskan dalam waktu dua hari. Anggota semua sudah bergerak untuk membenahi kembali jembatan tersebut,”tandasnya. (san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy