Jangan Mudah Tergoda Calo ! 15 Pekerja Siap Diberangkatkan ke Malaysia – Kendari Pos
Metro Kendari

Jangan Mudah Tergoda Calo ! 15 Pekerja Siap Diberangkatkan ke Malaysia

KENDARIPOS.CO.ID — Perlindungan terhadap Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Sultra belum maksimal. Pasalnya, masih banyak PMI yang berangkat secara ilegal. Alhasil, keberadaan mereka tidak terpantau. Berdasarkan data Loka Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (LP3TKI) Sultra, warga Sultra yang mencari nafkah tahun 2019 mencapai 151 orang. Mereka adalah pekerja formal dan informal.

Kepala LP3TKI Kendari, M. Syachrul Afriadi mengingatkan warga yang ingin bekerja di luar negeri harus menggunakan jalur resmi. Bukan hanya kontraknya jelas, hak-hak pekerja akan terpenuhi. Selain itu, pemerintah bisa memberikan bantuan jikalau ada masalah. “Jadi kita juga harus cerdas-cerdas melihat peluang itu. Jangan asal percaya sama teman, sebab saat ini banyak calo untuk para TKI yang akan sangat berbahaya bagi mereka jika terjebak. Gunakan jalur legas. Insya Allah, aman dan terpercaya. Bahkan banyak juga cerita TKI sukses asal dengan jalur legal, karena dilindungi pemerintah,” terangnya.

Ilsutrasi

Dalam waktu dekat, pihaknya akan mengirimkan 15 PMI. Mereka nantinya akan ditempatkan bekerja di 10 perusahaan di Malaysia. “Awalnya, dijadwalkan pemberangkatannya esok (hari ini). Namun karena masih ada yang perlu dilengkapi, diundur pekan depan,” ujarnya. Kepala Cabang PT Zisra Dwi Jaya, Laode Muhammad Deden Marrah Adil mengatakan PMI tak hanya melengkapi dokumen namun juga memenuhi persyaratan kesehatan. Sebelum keberangkatan, mereka akan medical cek up di negara tujuan. Jika tidak memenuhi syarat, mereka akan dikembalikan. “Jadi yang ingin kerja keluar negeri itu terpenting memiliki dua point, pertama punya keinginan keluar negeri dan yang kedua sehat jasmani dan rohani,”ungkapnya. (b/rah)

PMI Sultra Periode Januari-Desember 2019

Kabupaten/Kota Formal Informal
Baubau 7 3
Bombana 7 0
Buton 1 0
Buton Utara 1 0
Kendari 18 66
Kolaka 4 4
Kolaka Utara 1 0
Konawe 43 22
Konawe Selatan 33 17
Konawe Utara 1 7
Muna 2 6
Wakatobi 20 0
Buton Selatan 3 2
Buton Tengah 2 0
Kolaka Timur 3 0
Muna Barat 4 1
Konawe Kepulauan 1 0
Total 151 128

Sumber : LP3TKI Kendari

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy