Jalur Sepanjang 600 Meter di Poros Morosi Rusak Parah – Kendari Pos
Konawe

Jalur Sepanjang 600 Meter di Poros Morosi Rusak Parah

Warga Desa Paku Jaya, Kecamatan Morosi, Konawe masih memblokir jalan rusak. Kendaraaan yang hendak melintas ditahan. Walau akhirnya tetap diloloskan. Mereka berharap Bala Jalan secepatnya melakukan perbaikan di jalur tersebut. Pemkab Konawe mendukung penuh aksi tersebut.

KENDARIPOS.CO.ID — Warga Desa Paku Jaya, Kecamatan Morosi, Konawe geram dengan kondisi jalan nasional yang ada di sana. Sebab, setiap musim hujan, badan jalan tergenang lumpur. Musim panas “makan” debu. Sudah bertahun-tahun dikeluhkan, belum juga disahuti. Sudah tak tahan dengan kondisi itu, warga terpaksa memblokir jalan yang menghubungkan dua kabupaten itu (Konawe-Konut). Semua itu dilakukan untuk menarik perhatian pihak yang bertanggung jawab.

Setelah warga bersuara, baru ada respon dari Balai Jalan Nasional. Mereka berjanji akan membenahi jalur rusak tersebut. Hal itu diungkapkan Kepala Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 2.4 Satker Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (P2JN) Sultra, Rizka Aditiya Rachman. “Tahun ini, jalan yang menghubungkan Kabupaten Konawe dan Konut itu akan ada penanganan. Bakal dibenahi,” janji Rizka saat dihubungi, kemarin.

Menurutnya, tahun ini target sepanjang 600 meter jalur rusak di Paku Jaya bakal dibenahi. Begitu juga dipertigaan Simoang, Pohara sepanjang 4,5 kilometer bakal diperbaiki. “Semoga secepatnya diteken kontrak. Kalau sudah ada, bisa segera dikerja,” ujarnya. Dirinya minta, warga bersabar. Sebab, saat ini masih menunggu proses pengadaan. Di mana jalan nasional tersebut akan ditangani secara permanen. “Untuk anggarannya, saya belum dapat berkomentar banyak. Sebab, itu kewenangan pusat. Yang jelas, jika kontrak sudah selesai, kami akan secepatnya mengerjakan itu. Dan ini dikerjakan permanen,” tegasnya.

Dia berharap, saat pengerjaan angkutan nanti, yang memuat batu ke smelter pertambangan dibatasi muatannya. Bukan hanya jumlah angkutannya yang dibatasi, tapi juga jumlah armada angkutan barang kapasitas besar. “Angkutan dengan kapasitas muatan besar yang melalui jalur itu, sebaiknya dibatasi dulu. Sebab, ini akan sangat berpengaruh terhadap kondisi jalan serta kegiatan pelaksanaan pekerjaan jalan nantinya,” harapnya.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy