Jadwal Tes Berubah, BKPSDM Kolut Tuai Protes : Nilai Tertinggi Peserta SKD di Baubau Capai 422 Poin – Kendari Pos
Nasional

Jadwal Tes Berubah, BKPSDM Kolut Tuai Protes : Nilai Tertinggi Peserta SKD di Baubau Capai 422 Poin

Suasana seleksi kompetensi dasar yang sedang dijalani ratusan pendaftar
CPNS Kota Baubau. Salah satu peserta ujian meraih nila hingga 422 poin.


KENDARIPOS.CO.ID — Sejumlah peserta tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) tak lolos seleksi kompetensi dasar (SKD). Sejak hari pertama pada tahap pertama dan kedua, tercatat 28 peserta gugur sebelum tes. Mereka terlambat datang serta dinyatakan absen karena tak mengetahui adanya update perubahan jadwal terbaru sehari jelang ujian yang diumumkan pada 4 Februari 2020 pukul 10.46 Wita. Imbasnya, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kolut sebagai Panitia Seleksi Daerah (Panselda), menuai protes.

Amir, misalnya. Warga Palopo, Sulawesi Selatan itu harus datang ke lokasi ujian hanya sebagai penonton meski telah mengenakan pakaian putih hitam. Ia gagal mengikuti tes karena dianggap terlambat datang ke lokasi. “Saya sadari jika tidak memantau info terakhir. Tetapi panitia mengeluarkan pengumuman perubahan jadwal hanya sehari jelang tes. Padahal saya dan banyak teman-teman lain dari luar daerah. Perjalanan jauh,” kecewa Amir.

Kepala BKPSDM Kolut, Jumadil, berargumen, sejak awal pihaknya sudah menyampaikan agar sering memantau perkembangan informasi di situs dan akun sosial media instansinya. Perubahan jadwal itu merupakan upaya penyusuaian yang dilakukan untuk mengefektifkan pelaksanaan ujian. “Alasan kami minta agar kerap memantau akun kami karena terkadang ada hal penting yang diumumkan termasuk perubahan jadwal tersebut,” jawabnya, Jumat (7/2).

Sementara itu Sekertaris BKPSDM Kolut, Nurjaya, mengatakan peserta yang lolos dalam dua hari ujian, lumayan banyak dibanding seleksi tahun lalu. Hal ini karena standar nilai juga lebih rendah dari sebelumnya. Meski begitu, mereka masih akan dirangking sesuai nilai tertinggi berdasarkan jumlah kuota penempatan. “Kalau yang lolos 10 tetapi kuota penempatan hanya satu, maka yang tertinggi nilainya yang terpilih,” jelas Nurjaya.

Untuk diketahui, kuota keseluruhan CPNS Kolut sebanyak 97. Dari 2.066 orang pelamar saat ini sudah dipastikan 1.969 akan gugur. Pemkab Kolut hanya menyiapkan porsi 40 tenaga guru, 26 kesehatan dan 31 teknisi.

Sementara itu di Kota Baubau, pelaksanaan SKD juga berjalan lancar. Sebanyak 800 pelamar CPNS di daerah pemilik benteng terluas di dunia itu menjalani tes mulai pukul 10.00 Wita hingga 18.00 Wita yang dibagi dalam empat sesi. Dari jumlah peserta tes hari pertama Kamis (6/2) lalu, sebanyak 274 orang lulus passing grade. “Alhamdulillah hari pertama tes SKD berjalan baik seperti apa yang kita harapkan. Peserta lulus passing grade sesi satu sebanyak 68 orang, Pada sesia dua 51 orang. Kemudian pada sesi tiga dan sesi ke empat, jumlah peserta tes yang mencapai nilai passing grade masing-masing 62 orang dan 93 orang,” kata Kepala Bidang Diklat dan Pengembangan BKPSDM Kota Baubau, Martijah, saat dikonfirmasi Jumat (7/2).

Satu peraih nilai tertinggi sementara ditempati peserta bernama Ibrahim dengan capaian masing-masing, 105 untuk TWK, 165 poin TIU dan 152 pada TKP. Total keseluruhan nilai 422. “Nilai Ibrahim itu sempat masuk nilai tertinggi se-Sultra. Tapi kemudian tadi malam kita dapat informasi salah satu peserta dari Kabupaten Kolaka mencapai nilai 423. Jadi Ibrahim baru mencatat nilai tertinggi sementara untuk Kota Baubau. Tapi itu masih sementara, karena jangan sampai pada pelaksanaan tes hari kedua yang sementara berlangsung dan tes hari ketiga ada peserta yang mencapai nilai lebih tinggi lagi,” sambung wanita yang karib disapa Boskar itu.

Ibrahim merupakan mahasiwa S1 Teknik Sipil Universitas Halu Oleo angkatan 2018 dari Kelurahan Tarafu, Kota Baubau. “Saya juga tidak sangka bisa dapat nilai tertinggi. Selama ini saya belajar lewat youtube dan buku,” komentar Ibrahim. (b/rus/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy