Inspirasi Ali Koua : Belajar dari Guru Senior – Laman 2 – Kendari Pos
Edukasi

Inspirasi Ali Koua : Belajar dari Guru Senior

Kembangkan Konsep Belajar Berbasis Produksi
Bangun Kemitraan dengan Industri

Kepala SMKN 1 Kendari Ali Koua mengubah paradigma berpikir siswa agar tidak berorientasi menjadi seorang Aparatur Sipil Negera (ASN). Ia menjalin kerjasamaa dengan beberapa pelaku usaha industri yang meliputi perbankan dan beberapa perusahaan swasta di Sultra.

“Saya ingin Alumni SMK bisa langsung kerja. Makanya saya bangun kemitraan dengan pihak ketiga seperti BRI, Bank Sultra, Bank BTN, Pegadaian, dan beberapa perusahaan swasta seperti Hypermart, Lippo Plaza, dan Maxcell Depo Teknik dan Bangunan, yang semuanya itu ada dalam kelas industri,” ungkap Ali.

Kemitraan yang dibangun dengan beberapa perusahaan BUMN dan swasta itu, kata Ali, selain karena ingin merubah paradigma berpikir siswa, juga didasarkan atas terpilihnya SMK Negeri 1 Kendari sebagai Sekolah Revitalisasi oleh Kementerian dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. Tahun 2016, SMKN 1 Kendari menjadi salah satu dari 219 sekolah di Indonesia yang akan menjalankan program revitalisasi sekolah. Tujuannya, untuk menghasilkan alumni yang andal dan siap bekerja serta berkompetensi.

“Fokus dari revitalisasi ini adalah kurikulum belajar yang lebih fleksibel sesuai kebutuhan zaman, (kebutuhan industri) yang pada akhirnya nanti semua alumni SMK bisa langsung bekerja. Saat ini kami sedang mengembangkan program teaching factory, konsep pembelajaran berbasis produksi dan jasa yang mengacu pada standar dan prosedur yang berlaku di industri,” bebernya.

Katanya, sistem pelajaran yang diterapkan dengan menggabungkan teori dan praktek. Usai belajar teori, bisa langsung mempraktekkannya di lapangan. Terlebih saat ini, fasilitas laboratorium kami lengkap, mulai dari akuntansi, pemasaran, perkantoran, komputer, dan teknik komputer dan jaringan yang dalam waktu dekat ini akan direalisasikan.

“Laboratorium Komputer, semua perangkatnya kami sudah sediakan, termasuk sekitar 300 unit komputer. Bukan hanya siswa yang manfaatkan, pemerintah juga ketika momen penerimaan seleksi ASN itu memanfaatkan fasilitas kami,” ungkap Ali. Ali mengaku, apa yang ia lakukan untuk masa depan alumni dan sebagai bentuk usaha dalam mengembangkan sekolah. “Kedepan saya yakin ijazah itu akan menjadi nomor dua. Yang nomor 1 itu adalah kompetensi. Jadi upaya-upaya revitalisasi sekolah ini memang baik untuk siswa. Saya imbau juga masyarakat agar tidak ragu menyekolahkan anaknya di SMK,” tandasnya. (ags/b)

Profil Singkat Drs. Ali Koua

Tempat/Tanggal Lahir : Muna, 7 Desember 1965
Pangkat/Golongan : Pembina/IVA
Jabatan : Kepala SMK Negeri 1 Kendari

Riwayat Pendidikan :

  1. SD Negeri 3 Tampo tahuh 1980
  2. SMP negeri 1 Tampo, tahun 1983
  3. SMA Negeri 1 Raha, tahun 1986
  4. Alumni IKIP Ujung Pandang tahun 1992

Prestasi

Mewakili Sultra dalam Seminar Internasional Kepala SMK Se-Asia Tenggara, Jepang dan Korea di jakarta Tahun 2015

  1. Mewakili Sultra mengikuti Seminar Internasional Eropa, China dan Timor Leste di Bali Tahun 2017

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy