Inspirasi Ali Koua : Belajar dari Guru Senior – Kendari Pos
Edukasi

Inspirasi Ali Koua : Belajar dari Guru Senior

Ali Koua

KENDARIPOS.CO.ID — Pengalaman adalah guru terbaik. Kalimat itulah yang dipegang teguh Ali Koua dalam merintis karir. Sebelum menduduki kursi Kepala SMKN 1 Kendari, ia melewati jalan berliku. Ali mulai menjadi guru di SMKN 1 Kendari tahun 1994 pasca lulus dari IKIP Makassar. Bagi Ali menjadi pemimpin bukan perkara mudah. Tak cukup hanya sekadar kemampuan memimpin, namun yang dibutuhkan adalah pengalaman.

Ilmu yang ia serap selama menjalani pendidikan di kampus, ia tularkan kepada siswanya. Kala itu siswa SMKN 1 Kendari tidak sebanyak seperti sekarang. Meski hanyalah guru biasa, ia selalu berusaha untuk menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada. “Saya belajar dari guru-guru senior baik tentang Proses Belajar Mengajar (PBM) maupun dalam mengelolah pendidikan,” kata Ali.

Tahun 2003, Ali dipercaya menjadi Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Kesiswaan SMKN 1 Kendari. Ia tak tahu, alasan ia diberi amanah menjadi Wakasek Kesiswaan. Namun ia yakin Kepala Sekolah kala itu punya alasan khusus dan pertimbangan yang matang. “Pak Kepsek waktu itu percaya saya untuk jadi pendampingnya. Saya terima tugas itu, mengingat sudah menjadi tugas saya untuk mengabdikan diri kepada sekolah. Apalagi posisi Wakasek ini langsung berhubungan dengan siswa yang memiliki sikap, karekter dan perilaku yang berbeda,” tuturnya.

Ali menjabat sebagai Wakasek selama 12 tahun. Pada tahun 2015, Ali dipercaya Wali Kota Kendari yang kala itu dijabat Ir. Asrun waktu itu, red untuk memipin SMKN 1 Kendari. “Saya tidak pernah berharap diangkat menjadi Kepala Sekolah. Tapi mungkin karena dedikasi sehingga pimpinan mengamanahkan saya jabatan ini sampai sekarang,” kata Ali. Terlepas dari itu, ia meyakini bila kesuksesan yang ia raih adalah berkat pengalaman yang diperoleh dari para guru senior. Tentang bagaimana cara mendidik yang baik, menjalankan sekolah ini sehingga masih bisa eksis sampai sekarang. “Saya bersyukur masih bisa dipercaya pemerintah dan Insyah Allah saya akan aman menjalankannya,” kata Ali. (ags/b)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy