Infrastruktur Buteng Maju Pesat, Gubernur Apresiasi Kepemimpinan Samahuddin-La Ntau – Kendari Pos
Nasional

Infrastruktur Buteng Maju Pesat, Gubernur Apresiasi Kepemimpinan Samahuddin-La Ntau

Gubernur Sultra, Ali Mazi (tiga dari kanan) didampingi Danrem 143/HO Kendari, Kolonel Inf Yustinus Nono Yulianto (dua dari kanan), Bupati Buteng, Samahuddin (tiga dari kiri), Wakil Bupati La Ntau saat berkunjung di Pantai Mutiara, kemarin. Ali Mazi memuki pembangunan infrastruktur Buteng yang maju pesat.

KENDARIPOS.CO.ID — Gubernur Sultra, Ali Mazi menilai, pembangunan infrastruktur Buton Tengah (Buteng) maju pesat. Kepemimpinan Samahuddin-La Ntau (Samatau) sukses memoles daerah pecahan Buton itu lebih baik. Penilaian itu, dia sampaikan saat melakukan kunjungan kerja di Buteng, kemarin (12/2). Dalam kunjungan itu, gubernur didampingi Komandan Korem (Danrem) 143/HO Kendari, Kolonel Inf Yustinus Nono Yulianto serta jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov Sultra.

“Penilaian saya, Kabupaten Buteng sudah menjadi urutan pertama dalam pembangunan infrastruktur. Baik itu aspek pengembangan pariwisata, pertanian maupun perkebunan. Secara umum, pembangunan infrastruktur di Buteng maju pesat,” puji Ali Mazi. Menurut mantan Ketua Golkar Sultra ini, penilaian tersebut bukan tanpa alasan. Masyarakat Buteng saat ini bisa menikmati infrastruktur di seluruh pelosok Buteng.

“Terutama jalan dan pembangunan sarana pendukung sektor potensial. Pemkab Buteng sangat paham potensi daerahnya, termasuk cara mengembangkannya. Kalau seperti ini terus pola pembangunannya, saya yakin ke depan Buteng akan selangkah lebih maju dari daerah lain,” kata suami Agista Ariyani itu.

Dari aspek pengembangan potensi daerah, lanjut dia, Pemkab Buteng begitu lihai mengelola pariwisata. Misalnya Pantai Mutiara, Gua Gumano, hingga wisata Tanjung Buaya. Ditambah perikanan, tambak udang sampai pemanfaatan jambu mete. “Tentu saja, apa yang sudah dilakukan Pemkab Buteng, sesuai program utama kami. Utamanya pengembangan sektor pariwisata, perikanan dan pertanian,” jelasnya.

Pujian Ali Mazi akan pengelolaan sektor wisata Buteng, didasarkan penilaian langsung. Disela kunker, dia menyempatkan hadir di Pantai Mutiara. Sesampainya di sana, dia kagum akan keindahannya. “Mengunjungi Pantai Mutiara, serasa berada di Bali. Pemandangannya tak kalah indah dengan Bali,” puji politikus NasDem ini.

Dalam perjalanan mengunjungi Pantai Mutiara, Ali Mazi memuji jalan yang sudah mulus teraspal. Termasuk beberapa jalan baru yang dirintis Samahuddin bersama Wakilnya La Ntau untuk memudahkan akses masyarakat. “Butuh pemikiran cerdas untuk bisa membangun daerah. Pemkab Buteng sudah melakukan itu,” ucapnya.

Dalam kunjungannya, Ali Mazi juga sempatkan meresmikan Gedung Kesenian Mawasangka Center dan tatap muka dengan masyarakat. Dihadapan mereka, Ali Mazi memuji kepemimpinan Samahuddin-La Ntau. Tak hanya itu, dia juga mengapresiasi kerja sama Pemkab Buteng dan pihak keamanan. Salah satunya, pembangunan kantor Korps Brimob.

“Kalau perlu Koramil dan Polres disiapkan juga lahannya. Ini penting supaya Buteng punya Polres dan Koramil sendiri,” ujarnya. Melihat hebatnya pembangunan yang ada, Ali Mazi ingin hubungan Bupati dan Wakil Bupati selalu harmonis. Jangan ada konflik. Kalau perlu tetap bersama di periode kedua nanti. “Kalau pemimpinnya harmonis, maka pembangunan daerah juga kondusif. Makanya, hubungan ini harus dijaga dengan baik,” harapnya.

Bupati Buteng, H. Samahuddin menyambut baik kehadiran gubernur beserta jajaran. Dirinya mendampingi orang nomor satu di Sultra itu keliling Buteng. Dia mangkui, kemajuan pembangunan Buteng tak lepas dari dukungan Pemprov Sultra. Sebab, kalau hanya harapkan anggaran daerah, tentu sangat terbatas.

“Salah satunya yang diresmikan saat ini: Gedung Kesenian Mawasangka Center. Ditambah, pembangunan pengaman Pantai Lolibu, pembangunan pintu gerbang lintas perbatasan, pematangan lahan pelabuhan Desa Madongka, peningkatan Pelabuhan Desa Wajo, dan pembangunan rehabilitas gedung sekolah dasar,” jelasnya.

Samahuddin juga mengulas keberhasil pembangunan semasa kepemimpinanya. Mulai dari peningkatan infrastruktur dasar, peningkatan pariwisata, pertanian dan perikanan. Ditambah, Buteng kembali meraih juara P2WKSS desa maupun kelurahan. Dan mepertahankan WTP 2 tahun terakhir.

“Keberhasilan pembangunan ini, berkat kerja sama yang baik dari semua pihak. Saya berharap, ini dipertahankan. Bersama, kita buat Buteng makin maju,” optimisnya. Tidak hanya itu, Samahuddin telah menghibahkan lahan untuk pembangunan Kantor Korps Brimob yang terletak di kecamatan Mawasangka. Dia bersedia juga menyediakan lahan, apabila Kantor Dandim maupun Polres dibangun di Buteng.

“Saya selalu siap. Bahkan tanpa ada ganti rugi. Karna setiap lahan yang akan kita gunakan untuk kepentingan daerah selalu kita rundingkan bersama masyarakat. Dan Alhamdulillah, masyarakat menerima dengan baik,” katanya. Samahuddin meminta kepada Ali Mazi, untuk mengalokasikan sedikit anggaran untuk pengaspalan jalan provinsi. Ia menyebutkan berkisar panjang jalan provinsi 36 KM yang sangat perlu untuk dilakukan pengaspalan. “Pengaspalan jalan provinsi sangat penting untuk dikerjakan. Apalagi kami sendiri sudah melakukan pelebaran jalan di sela jalan provinsi tersebut. Jadi, provinsi tinggal melakukan pengaspalan saja,” pungkasnya.

Gubernur Kunjungi Warga Korban Konflik

Usai meresmikan gedung Kesenian Mawasangka Center, Ali Mazi langsung mendatangi korban konflik di Desa Wadiabero dan Desa Matanaio. Dia memberikan bantuan berupa sembako, alat tulis, perlengkapan bayi, dan 60 unit rumah. “Bantuan ini, semoga dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” harapnya.

Ali Mazi berharap, konflik yang terjadi antar dua desa ini tak terulang lagi. Satukan pendapat dan membangun hubungan yang harmonis. Pasalnya, konflik sosial selalu merugikan masyarakat. “Bersatu membuat kita kuat. Pemerintah juga bisa fokus membangun daerah,” jelasnya.

Olehnya itu, Ali Mazi mengajak masyarakat untuk saling membangun hubungan baik. Tingkatkan aksi gotong royong. Lupakan masa yang sudah terjadi. “Mari kita menjaga hubungan yang baik ini. Jangan lagi ada tindakan yang dapat merugikan kita semua. Kami semua masyarakat Buton sangat menjunjung kesatuan satu sama lain,” pintanya. (b/rud)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy