Hentikan 36 Penyelidikan, KPK Pastikan Kasus Kakap Jalan Terus – Kendari Pos
Nasional

Hentikan 36 Penyelidikan, KPK Pastikan Kasus Kakap Jalan Terus

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata

KENDARIPOS.CO.ID — KPK memastikan bahwa penyelidikan kasus-kasus kakap tidak masuk dalam 36 perkara yang dihentikan. Salah satunya penyelidikan dugaan korupsi bailout Bank Century. Juga dugaan rasuah megaproyek Hambalang.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan, pengusutan 36 perkara yang dihentikan itu mayoritas penyelidikan yang dilakukan secara tertutup. Alias penyelidikan yang sebagian besar menggunakan penyadapan. ”Kami teruskan nggak mungkin juga. Apalagi, kegiatan (yang dilaporkan adanya dugaan korupsi, Red) itu sudah lewat,” ujarnya, kemarin.

Alexander menjabarkan, di antara 36 perkara tersebut, ada penyelidikan yang dimulai pada era kepemimpinan Abraham Samad. Tertanggal 20 Januari 2012. Ada pula penyelidikan yang dilakukan sejak 29 Maret 2011. ”Sampai sekarang penyelidik tidak menemukan bukti yang cukup,” kata Alex –sapaan Alexander Marwata.

KPK tetap tidak mau membuka apa saja penyelidikan yang dihentikan itu. Ketika didesak, Alex hanya mengatakan bahwa perkara yang dihentikan itu tersebar di sejumlah daerah dan kementerian. Mayoritas dugaan suap di sektor pengadaan barang dan jasa. ”Ada di Pulau Sulawesi, di Sumatera, ada di kementerian di Jakarta,” ucapnya.

KPK mengklaim penghentian itu sebagai usul dari penyelidik. Kemudian dibahas dan dievaluasi deputi penindakan. Lalu disampaikan ke pimpinan. Menurut Alex, pengumuman penghentian penyelidikan itu memang baru kali ini dilakukan. Namun, penghentian penyelidikan sejatinya sudah beberapa kali dilakukan di era sebelum Firli dkk. (jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy