Hari Ini, Dikmudora Kendari Latih Ratusan Guru Operasikan Server UNBK – Kendari Pos
Edukasi

Hari Ini, Dikmudora Kendari Latih Ratusan Guru Operasikan Server UNBK

(Ki-ka) Kadis Dikmudora, Dra. Sartini Sarita, Helpdesk UNBK Kendari, Paruddin, dan Korwas Kendari, Asmuddin usai membahas persiapan pelaksanaan UNBK, di ruangan Kadis Dikmudora

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kendari terus mematangkan persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Bukan hanya dari sarana prasarana, tapi dari sisi sumber daya manusia (SDM), yang akan mengoperasikan server di setiap sekolah. Nah, hari ini (21/2), seluruh guru yang berperan sebagai proktor dan teknisi di semua sekolah di Kendari, bakal dilatih kembali mengontrol server.

Helpdesk UNBK Kendari, Paruddin mengatakan, pelatihan itu diikuti proktor dan teknisi UNBK SMP se-kota Kendari, yang akan dilaksanakan di Aula Dikmudora Kota Kendari, Jumat (21/2). “Tujuannya kita, untuk mempersiapkan pelaksanaan gladi bersih, dan ujian utama UNBK tahun 2020. Apalagi ini adalah tahun ketiga Kota Kendari menggelar UNBK seratus persen, sejak 2015 di diadakan UNBK, maka kita berusaha supaya tidak ada hambatan berarti ke depannya,” terangnya.

Sejatinya seluruh sekolah telah siap, namun pelatihan ini diselenggarakan untuk memastikan kembali kesiapan seluruh proktor dan teknisi. “Ini juga jadi penyegaran, sekaligus pengenalan aplikasi baru UNBK, karena ada fitur baru yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Harapannya, dengan pelatihan ini, kota Kendari kembali sukses melaksanakan UNBK 100 persen di tahun ketiga,” pungkasnya.

Kepala Dikmudora Kendari, Dra. Sartini Sarita juga mengatakan, semua satuan pendidikan jenjang SMP sudah siap melaksanakan UNBK baik dari segi fasilitas dan SDM. Apalagi, dari segi fasilitas, pemerintah kota (Pemkot) Kendari sudah memberikan bantuan TIK di beberapa sekolah untuk melengkapi kekurangan tahun sebelumnya. “Saya berharap, UNBK tahun ini Insha Allah sukses seperti tahun tahun sebelumnya, dimana kota Kendari sukses melaksanakan UNBK jenjang SMP 100 persen,” tutupnya.

Disamping itu, Koordinator Pengawas (Korwas) Kota Kendari, Asmuddin menambahkan, pelatihan sebelum pelaksanaan gladi juga penting, untuk menunjang keberhasilan pelaksanaan UNBK. “Ibarat kita mau berperang, mereka perlu diberikan pembekalan untuk mengenal medan tempur, sehingga tidak ada masalah saat ujian nanti,” tutupnya. (hel/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy