Hado Hasina : Kita akan Optimalkan Fungsi Terminal dan Dermaga Penyeberangan – Kendari Pos
Metro Kendari

Hado Hasina : Kita akan Optimalkan Fungsi Terminal dan Dermaga Penyeberangan

KENDARIPOS.CO.ID — Pemprov Sultra terus berupaya mengkoneksi akses transportasi. Tidak hanya jalur darat, namun juga menyimpulkan dengan transportasi laut termasuk udara. Saat ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Sultra mulai meletakan podasi dasar dengan mengfungsikan satu terminal type A, 15 terminal type B, dermaga penyeberangan dan tiga prasarana penunjung atau rest area. Rencananya, pemerintah bakal membangun 16 rest area di sejumlah daerah.

Kepala Dishub Sultra, Hado Hasina mengatakan konseksifitas transportasi akan terus dihubungkan. Bukan hanya terminal, pihaknya terus membangun fasilitas pendukung. Rest area dibangun demi mendukung optimalisasi terminal di Sultra, dengan melengkapi sub terminal di semua pelabuhan penyeberangan. “Kita terus optimalkan semua terminal di Sultra. Demi menunjang hal itu, kami akan membangun rest area di kabupaten/kota. Saat ini, kita akan buat kesepakatan bersama untuk sarana pendukung terminal sementara, sehingga SK untuk penetapan lokasi rest area bisa segera dibuat. Bahkan bila ini optimal, maka tarikan PAD Sultra bisa lebih meningkat,”terangnya.

Hado Hasina

Saat ini, pihaknya telah menetapkan titik-titik rest area ini. Jika lokasinya sudah siap, pihaknya kan membangun sarana pendukung terminal sementara. “Bahkan kita bisa buat terminal di tanah masyarakat asal masyarakat itu setuju dengan sistem bagi hasil dengan Pemda. Sehingga semua bisa saling menguntungkan dan transportasi lancar,”jelasnya. Rest area yang telah ditetapkan kata mantan Pj Wali Kota Baubau ini akan di SK-kan gubernur. Saat ini, baru tiga rest area yang di SK-kan yakni Waramosiu dan Pantai Nirwana di kota baubau, serta Mangolo di Kolaka. “Tapi sebelum di SK-kan gubernur, Dishub yang menetapkan Sk-nya,” jelas mantan Pj Sekda Butur itu. (b/rah)

Terminal Tipe A
-Puuwatu

Terminal Tipe B
-Baruga
-Lakologou
-Larumbalangi
-Rahabangga
-Labuan
-Lombe
-Lagadi
-Sangi-sangi
-Lacaria
-Lameroro
-Wasaga
-Sampolawa
-Lahimbua
-Tawainalu
-Numana

Rest Area yang Belum di-SK-kan
Pelabuhan Bungkutoko
Pelabuhan Laut raha
Pelabuhan Mawasangka
Pelabuhan Wara
-Terminal Penyeberangan di Desa Bajoe, Soropia
-Terminal Wawotobi
-Wakangka Todanga
-Terminal Pelabuhan Lasalimu
-Kaongke-ongkea
-Pasar Minaminanga Kulisusu
-Ngapaea Boneguru
-Pelabuhan Torobulu
-Pelabuhan Amolengo
-Pelabuhan Tondasi

  • Pelabuhan Pure
    -Lawa, Mubar
    -Tongkuno, Muna
    -Ronta, Butur
    -Talingko di Butur

Rest Area yang sudah di-SK-kan Gubernur
-Waramosiu Kota Baubau
-Pantai Nirwana Kota baubau
-Mangolo Kolaka

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy