Habiskan Dana Rp 35 Miliar, RSUD Busel tak Difungsikan – Kendari Pos
Buton Selatan

Habiskan Dana Rp 35 Miliar, RSUD Busel tak Difungsikan

KENDARIPOS.CO.ID — Sebuah gedung tunggal milik pemerintah di Kelurahan Masiri, Kecamatan Batauga, Buton Selatan (Busel) dikelilingi semak belukar. Tembok gedung nyaris tak terlihat lagi kecuali atapnya yang masih begitu terang dengan cat berwarna biru. Sejak tuntas dibangun tahun 2017 lalu, bangunan itu rupanya belum pernah digunakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Padahal aset daerah itu menghabiskan dana puluhan miliar rupiah bersumber dari APBN.

Informasi yang diperoleh menyebutkan, gedung itu semula diperuntukan sebagai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Busel. Anggarannya Rp 35 miliar bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) kesehatan APBN. Kini bangunan tersebut mulai dimakan rayap hingga konstruksinya mulai rusak. Sekretaris Kabupaten (Sekab) Busel, La Siambo mengakui jika aset daerah itu terbengkalai. Sejak tuntas dibangun tahun 2017, gedung itu memang belum dimanfaatkan. Pemerintah berdalih, lokasi itu tidak cocok untuk rumah sakit. “Melihat kondisi lapangan, kurang bagus. Itu dibangun masih zaman Pak Faisal (Pj. Bupati Busel). Waktu itu belum ada Sekab. Ceritanya, dananya ini sudah mau turun dan mendesak. Lahan yang siap hanya di sana,” argumennya.

Bupati Busel, Arusani (keempat dari kiri) saat meninjau lokasi perkantoran baru Pemkab. Di sekitar kawasan, ada gedung rumah sakit yang sudah dibangun namun tak difungsikan. Rerumputannya sudah hampir menutupi atap gedung.

Ia mengakui, total DAK kesehatan saat itu senilai Rp 35 miliar untuk membangun gedung RSUD dan Puskesmas Batu Atas. “Itu memang aset Pemkab. Beberapa kali sudah melalui pemeriksaan baik dari Inpektorat, BPK dan pemerintah pusat karena itu DAK,” sambungnya. Pemerintah daerah juga sudah memastikan jika lokasi itu tak akan digunakan sebagaimana peruntukan awalnya. Sebab dinilai jauh dari pemukiman warga. Padahal dalam waktu dekat Pemkab akan meresmikan 10 kantor OPD baru yang satu kawasan dengan rumah sakit.

Untuk gedung rumah sakit, Pemkab sudah menyiapkan lokasi lain. Kali ini sumber pembiayaannya bukan lagi DAK, melainkan dana pinjaman yang masih tahap menanti persetujuan Mendagri. “Kalau bangunan lama itu mungkin akan digunakan untuk kantor lain. Kalau rumah sakit sudah ada lokasi baru,” kata mantan Kepala DPMD itu. (b/lyn)

Ironi Aset Puluhan Miliar yang Terabaikan

  • Peruntukan : Gedung RSUD Busel
  • Anggaran : Rp 35 Miliar (termasuk Puskesmas Batu Atas)
  • Lokasi : Kelurahan Masiri, Kecamatan Batauga
  • Sumber Pembiayaan: Dana Alokasi Khusus Kesehatan
  • Tuntas dibangun sejak tahun 2017 dan tidak di manfaatkan.
  • Pemkab menyiapkan lahan baru pembangunan RSUD
  • Pembiayaannya justru melalui dana pinjaman yang masih menunggu persetujuan Mendagri.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy