Gubernur Sultra Terima Penghargaan Dewan Pers – Kendari Pos
Nasional

Gubernur Sultra Terima Penghargaan Dewan Pers

Gubernur Sultra, Ali Mazi (kiri) menerima penghargaan Indeks Kemerdekaan Pers (IKP), yang diserahkan Ketua Dewan Pers, Muh Nuh di Golden Tulip Hotel, Banjarmasin,Kalimantan Selatan, Jumat malam (7/2).

KENDARIPOS.CO.ID — Gubernur Sultra, Ali Mazi menerima penghargaan Indeks Kemerdekaan Pers (IKP). Penghargaan diserahkan Ketua Dewan Pers, Muh Nuh di Golden Tulip Hotel, Banjarmasin,Kalimantan Selatan, Jumat malam (7/2). Ali Mazi menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas penghargaan tersebut.

“Penghargaan ini menjadi penyemangat bagi jajaran pemprov Sultra. Kami sadari bahwa pers, punya peran penting dalam mendukung pembangunan daerah. Termasuk juga dalam mendorong geliat ekonomi daerah. Ke depan, kita berupaya supaya sinergi ini bisa lebih ditingkatkan lagi,” ungkap Ali Mazi dalam keterangan tertulisnya, semalam.

Tidak dapat dipungkiri, kata dia, pers sangat berperan juga dalam menyuarakan dan menghadirkan masukan kepada pemerintah. Di era digital ini, pemberitaan dari pers terkait daya saing daerah sangat dibutuhkan untuk merumuskan kebijakan pemerintah, baik pada sektor pemerintah pusat dan daerah maupun sektor pelayanan swasta dan masyarakat. “Jadi memang, kita tak bisa lepas dari media,” ujarnya.

Kendati begitu, mantan Ketua Golkar Sultra ini berharap dalam menyajikan informasi, media harus memperhatikan asas keberimbangan. Tidak boleh asal tulis tanpa ada konfirmasi dari pihak-pihak terkait. “Insan pers harus menjunjung tinggi asas keberimbangan dalam memberitakan sebuah isu. Buatlah berita berkualitas, berbasis fakta dan data. Ini penting supaya tidak terjebak dalam kebebasan informasi yang berujung hoaks atau palsu,” harapnya.

Lebih jauh mantan Ketua NasDem Sultra menjelaskan, lahirnya UU Nomor 40 tahun 1999 tentang pers, telah mendorong terwujudnya penghormatan dan penghargaan serta perhatian yang lebih baik terhadap prinsip-prinsip kebebasan pers. Kebebasan pers sama dengan kebebasan berekspresi. Namun, tentu tetap dalam koridor aturan yang sudah ada. “Mari bersinergi dalam mendukung pembangunan daerah,” ucapnya.

Ali Mazi menambahkan, kedatangannya ke acara HPN sebagai wujud dukungan kepada pers untuk terus menghadirkan berita berkualitas. Dirinya mengaku senang dapat berkumpul di HPN 2020 bersama para kepala daerah lain untuk menjajaki kerja sama antar daerah. “Pertemuan ini sangat penting. Bukan hanya karena untuk menerima penghargaan, tapi juga berdiskusi tentang potensi daerah,” jelasnya.

Untuk diketahui, Gubernur Sultra Ali Mazi menerima penghargaan SPS, sebab, berhasil menempati posisi teratas penilaian Indeks Kemerdekaan Pers (IKP) di Indonesia yang dikeluarkan Dewan Pers. Wakil Ketua Dewan Pers Hendry CH Bangun mengatakan, secara nasional Provinsi Sultra berada di urutan pertama dengan skor 84,84. “Sungguh mengejutkan, Sultra berada di posisi teratas penilaian IKP,” ujarnya.

Posisi kedua dalam indeks kemerdekaan pers di pegang oleh Provinsi Aceh dengan skor 82,85. Untuk posisi terendah dipegang Papua dengan skor 66,56. Dengan nilai tertinggi, Sultra masuk dalam kategori cukup bebas. Sehingga oleh Dewan Pers memutuskan, Sultra berhak mendapat penghargaan itu. (din)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy