Gubernur Sudah Tunjuk Pj. Sekab Muna – Kendari Pos
Muna

Gubernur Sudah Tunjuk Pj. Sekab Muna

Ali Mazi

KENDARIPOS.CO.ID — Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi, mengaku sudah menunjuk pejabat Pemerintah provinsi (Pemprov) untuk mengisi kursi Penjabat Sekretaris Kabupaten (Sekab) Muna pengganti Ali Basa. Sayangnya, siapa penjabat Muna-3 pilihan Gubernur tersebut masih dirahasiakan. Pemkab bahkan baru akan mengetahui saat pelantikan digelar nanti.

Gubernur Sultra, Ali Mazi, menjelaskan, ia telah meneken petikan surat keputusan penunjukan tersebut. Hanya saja, Ali Mazi belum mau memberi bocoran. “Nanti saja. SK sudah saya tandatangani,” jelasnya, kemarin.
Sesuai Peraturan Presiden (Perpres) nomor 3 tahun 2018 tentang Penjabat Sekretaris Daerah, dalam hal jabatan Sekda Kabupaten/Kota mengalami kekosongan selama enam bulan, maka penunjukan penjabat ditentukan oleh Gubernur. Perpres yang diteken pada 2 Februari 2018 itu, untuk melaksanakan ketentuan dalam UU 9 tahun 2015 tentang Pemerintahan Daerah.

Dengan demikian, kewenangan Pemkab Muna untuk mengusulkan Penjabat Sekab diambil alih Gubernur. Ali Mazi selanjutnya akan menunjuk penjabat dari pegawai berpangkat Pembina I golongan IV/b dengan tugas utama menyiapkan pelaksanaan lelang untuk menjaring Sekab defenitif. “Namanya nanti saja saat dilantik,” sambung politisi Nasdem itu.

Sebelumnya, Bupati Muna, Rusman Emba sebenarnya sudah mengusulkan kembali tiga nama calon penjabat baru pada Gubernur Sultra. Mereka adalah Kepala Bappeda, La Mahi, Inspektur Muna La Kuanto dan Kepala Dinas PUPR, Edy Uga. Namun karena regulasi baru tersebut, Rusman mengaku sudah menyerahkan sepenuhnya kepada Gubernur. “Saya berharap dari tiga nama yang diusulkan itu. Tetapi ternyata regulasinya berubah,” katanya.

Kursi kosong Sekab Muna memang belum berpenghuni secara defenitif sejak tujuh bulan lalu. Posisi itu hanya diisi Ali Basa sebagai penjabat sementara mulai 12 Agustus dan diperpanjang lagi pada 18 November 2019. Namun terhitung pada 18 Februari 2020, Pj. Sekab Muna kembali kosong. Tugas kesekretariatan daerah untuk sementara kembali dilaksanakan Ali Basa dengan status pelaksana harian sampai Pj. Sekab baru dilantik. (b/ode/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy