Gempa Bumi Tektonik 4.0 SR Terjadi di Kendari, Getaran Sampai Konsel dan Konkep – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Gempa Bumi Tektonik 4.0 SR Terjadi di Kendari, Getaran Sampai Konsel dan Konkep

KENDARIPOS.CO.ID — Gempa bumi kembali terjadi di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). Getaran gempa tektonik ini dirasakan Senin (3/2/2020) sekira pukul 14.37 Wita. Hasil analisis BMKG menunjukan gempa berkekuatan 4.0 skala richter (SR) dengan episenter gempabumi terletak pada koordinat 4.08 LS, 122.83 BT, atau tepatnya berlokasi di Darat pada jarak 27.1 km, Tenggara Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara, pada kedalaman 10 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Naik Sangi-sangi di Tenggara Kendari,” kata Rosa Amelia,S.Si, Kepala Stasiun Geofisika Kendari melalui rilis yang diterima. Kendari Pos, Senin (3/2).

Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di Kendari II-III MMI, Ranomeeto II-III MMI, Langara II MMI .
Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami. “Dirasakan di Kendari, Ranomeeto Konsel juga Langara, Konawe Kepulauan,” katanya.

Hingga pukul 15 :12 Wita, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempabumi susulan. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. “Pastikan info hanya dari BMKG,” sambungnya.

Sementara itu, Randi warga Kota Kendari mengaku sempat berlari keluar rumah karena guncangan cukup kuat. “Kaget. Saya apa yang bergetar, ternyata gempa bumi,” tutupnya. (imn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy