Gandeng FKIJK Sultra, OJK Gelar Piket Edukasi di Mubar – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Gandeng FKIJK Sultra, OJK Gelar Piket Edukasi di Mubar

Masyarakat Desa Mekar Jaya, Muna Barat saat mengikuti Piket Edukasi Keuangan bertajuk “Cerdas Memanfaatkan Produk dan Layanan Keuangan di Era Keuangan Digital” yang diselenggarakan OJK Sultra, pekan lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sultra menggelar Piket Edukasi Keuangan di Desa Mekar Jaya Kecamatan Tiworo Tengah Kabupaten Muna Barat, Jumat (21/2) pekan lalu. Dalam kegiatan ini, OJK Sultra bersinergi dengan Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) Sultra yang diwakili oleh Pegadaian, Permodalan Nasional Madani, BTPN Syariah, dan Bank Sultra.

Achmad Zaelani selaku staf bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Sultra mengedukasi kepada peserta yang hadir mengenai cara mengelola keuangan yang baik dan bijak melalui rumus alokasi penghasilan sebesar 40 persen untuk menabung/investasi dan 60 persen untuk konsumsi. Masyarakat juga dipahamkan mengenai ciri-ciri investasi ilegal yang marak terjadi serta kiat agar terhindar dari investasi ilegal tersebut.

“Kami selalu tekankan agar mengedepankan prinsip 2L (Legal dan Logis). OJK juga membuka layanan informasi bagi masyarakat melalui contact center 157,” ujar Acham Zaelani.

Dalam kesempatan itu, Zaelani juga menjelaskan peran OJK berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 21 Tahun 2011 sebagai lembaga independen yang mempunyai fungsi dan tugas dalam Mengatur, Mengawasi sektor jasa keuangan (Perbankan, Pasar Modal, dan Industri Keuangan Non Bank), serta Melindungi (3M) konsumennya. Dikatakannya, kegiatan Piket Edukasi Keuangan (PEKa) merupakan salah satu program Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Sultra yang rutin dilaksanakan setiap tahun di seluruh kabupaten/kota di Sultra.

“Para peserta antusias mengikuti acara dan pemerintah setempat juga sangat mengapresiasi kegiatan ini. Peserta yang hadir didominasi petani dan ibu rumah tangga. Harapannya, mereka semakin cerdas dalam memanfaatkan produk-produk dan layanan keuangan yang ada,” imbuhnya.

Untuk diketahui, kegiatan bertajuk “Cerdas Memanfaatkan Produk Dan Layanan Keuangan di Era Keuangan Digital” itu dihadiri Kepala Desa Mekar Jaya, La Ode Safari, Camat Tiworo Tengah, La Kiro, Perwakilan Kantor OJK Sultra, Achmad Zaelani, Pimpinan Kantor Upc Pegadaian Raha, Jau Rifai, Kepala Cabang PNM Baubau, Iwan, dan Kepala Cabang Bank Sultra Raha, I Putu Dewa Askara. (uli/rls)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy