Farmasi UHO Agendakan Festival Jamu Nusantara – Kendari Pos
Edukasi

Farmasi UHO Agendakan Festival Jamu Nusantara

Farmasi UHO

KENDARIPOS.CO.ID — Fakultas Farmasi Universitas Halu Oleo (UHO) sedang menyiapkan perayaan Festival Jamu Nusantara, guna memperkenalkan kepada kalangan milenial tentang warisan budaya bangsa terkait kesehatan tradisional yaitu jamu. Rencananya, event ini dilaksanakan pada rentang waktu Juni hingga Agustus mendatang.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Sunandar Ihsan mengungkapkan, festival jamu diselenggarakan untuk mengedukasi masyarakat, bahwa sistem pengobatan di Indonesia sudah ada sejak zaman dulu, dan terbukti sangat ampuh, ketika mengobati dengan jamu atau obat herbal.

“Namun karena adanya kemajuan teknologi, masyarakat beralih ke obat konvensional, padahal secara empiris obat herbal tak kalah hebatnya dengan obat konvensional,” ujarnya.

Pihaknya bermaksud mengingatkan kembali, bahwa obat herbal tidak kalah, bahkan lebih baik dari obat konvensional. “Kami juga ingin memperkenalkan kembali adanya jamu kepada generasi milenial saat ini, sehingga target kita juga masyarakat dan para pelajar,” ungkapnya.

Nah, rencananya kegiatan dilaksanakan antara Juni sampai Agustus, bekerjasama dengan PT Sidomuncul, BEM Fakultas, Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Indonesia Timur, Kemenkes, dan target masyarakat umum. “Kegiatan akan diisi talkshow dari praktisi jamu yang ada izin Kemenkes, ada pameran jamu, lomba minum jamu, dan berbagai kegiatan menarik,” tutur dia.

Pihaknya juga akan mengundang praktisi jamu se-Sultra, baik yang sudah menggunakan kemasan modern atau tradisional. “Semua yang berbahan dasar herbal bisa ikut, baik itu herbal untuk suplemen, kosmetik, atau obat. Semua yang berbahan dasar herbal bisa ditampilkan, dan akan disiapkan stand. Tujuannya agar masyarakat tidak melupakan obat tradisional yang merupakan warisan budaya dari orang terdahulu, sebab resep jamu ini diwariskan sejak turun temurun, dan khasiatnya tidak diragukan lagi. Tapi karena perkembangan zaman, obat ini bisa saja punah, makanya kita ingin mengangkat kembali manfaat dari herbal,” pungkasnya.(hel/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy