Expo Konawe Ditabuh Hari Ini, Bupati Kery : Kepala OPD Absen, Saya Kasih “Game” – Kendari Pos
Konawe

Expo Konawe Ditabuh Hari Ini, Bupati Kery : Kepala OPD Absen, Saya Kasih “Game”

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (tengah), saat melihat alat mesin pertanian (alsintan) di stan milik Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Konawe.


KENDARIPOS.CO.ID — Expo Konawe dimulai hari ini. Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa ingin lokasi dan penataan pameran pembangunan memukau tamu undangan. Tak ingin kehilangan muka di hadapan tamu Forkopimda Provinsi Sultra, Bupati Kery meninjau lokasi expo. Terlebih, pameran pembangunan itu akan dibuka Gubernur Sultra, Ali Mazi.

Kery Saiful Konggoasa berkeliling dari satu stan ke stan pameran lainnya di bumi perkemahan Sulemandara Kecamatan Pondidaha, Jumat (28/2). Sesekali memberi intruksi kepada pimpinan Organisasi Perangkat Daerah. Didampingi Wakilnya Gusli Topan Sabara, Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe Ferdinand Sapan dan Ketua Panitia Konawe Expo, Suriyadi, Bupati Konawe juga meninjau kesiapan sarana lain seperti panggung utama, tenda para komunitas motor serta kesiapan jalur yang bakal digunakan saat trail adventure besok pagi.

Ketua Harian DPW PAN Sultra itu menegaskan, semua stan pameran OPD harus mantap sebelum Expo Konawe dibuka hari ini. Apalagi, Gubernur Sultra Ali Mazi sudah memberi sinyal bakal hadir dan membuka pameran pembangunan dalam rangka HUT ke-60 Konawe.

Ia meminta panitia memastikan para tamu dari Forkopimda Provinsi Sultra bisa merasa nyaman saat berada di tanah Konawe. “Yang saya butuhkan sekarang, permantap stan dan lokasi pameran. Sebab, Pak Gubernur, Kapolda, Danrem 143 HO serta jajaran Forkopimda akan keliling di stan lokasi expo. Besok (hari ini) saya akan cek kehadiran kepala OPD. Kalau absen, siap-siap saya kasih game (tamat atau dicopot, red),” tegas Bupati Kery Saiful Konggoasa.

Saat meninjau setiap stan pameran, Bupati Kery sempat memberi arahan kepada Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Konawe, Syahruddin agar menginventarisir alat mesin pertanian (alsintan) yang telah digelontorkan Pemkab Konawe untuk peningkatan produksi pertanian. “Coba dihitung sudah berapa alsintan yang telah disalurkan kepada kelompok tani kita. Sehingga ke depan bisa kita hitung kekurangannya,” pinta Kery kepada bawahannya itu.

Bukan cuma itu, Kery juga meminta dinas terkait harus memberikan penjelasan secara lengkap kepada masyarakat, bagaimana cara bertani yang baik dan bagaimana caranya kelompok masyarakat tani agar dapat bantuan alsintan dari pemerintah. “Hand tractor juga harus didata kembali. Supaya kita bisa tahu berapa jumlahnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe Ferdinand Sapan menyebut, OPD berbasis pelayanan harus siap melayani masyarakat di lokasi expo. Ia juga meminta, selama tidak ada kendala kesehatan, semua OPD harus berpartisipasi saat gelaran expo Konawe. Contohnya, Sekab Konawe itu mengajak para pimpinan OPD untuk ikut dalam trail adventure kategori eksekutif.

“Minimal ada perwakilan dari setiap OPD. Lihat pembalap yang datang jauh-jauh dari Makassar, masa kita tidak ada perwakilan,” ucap Ferdinand, ditemui di kediaman Bupati Konawe di Pondidaha.

Mantan Kepala BPKAD Konawe itu merinci, pembukaan expo Konawe bakal dirangkaiakn dengan berbagai kegiatan. Antara lain, penanaman pohon, penyerahan sapi 7 ekor kepada kelompok peternak dan penyerahan 8.400 sertifikat tanah kepada masyarakat.
“Secara simbolisnya, 10 orang yang akan kita beri sertifikat. Selain itu, di lokasi expo juga akan digelar donor darah dan sunatan massal,” urainya.

Ketua Panitia Expo Konawe, Suriyadi menerangkan, secara keseluruhan, pameran pembangunan sudah siap digelar. Ia menambahkan, pameran ini merupakan panggung Pemkab Konawe untuk menunjukkan keberhasilan dalam pembangunan. “Pameran ini juga ada aspek bisnisnya, seperti sektor pertanian dan perikanan. Ada beberapa produk yang bisa dijual di lokasi pameran,” imbuhnya. (adi/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy