Empat Tahun Nahkodai Konsel, Surunuddin-Arsalim Menoreh Pelbagai Karya Nyata – Kendari Pos
Konawe Selatan

Empat Tahun Nahkodai Konsel, Surunuddin-Arsalim Menoreh Pelbagai Karya Nyata

Bupati Konsel, Surunuddin Dangga (kanan) dan Wakil Bupati Konsel, Arsalim Arifin.

KENDARIPOS.CO.ID — Genap empat tahun, duet Surunuddin Dangga dan Arsalim memimpin Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) sebagai bupati dan wakil bupati. Tepatnya 23 Februari 2020. Berbekal tekad dan keikhlasan membangun, keduanya menorehkan buah karya pembangunan di Konsel.

Bukan saja di sektor infrastruktur, melainkan berbagai capaian pemerintahan dan penghargaan telah dipersembahkan Surunuddin-Arsalim selama empat tahun memimpin Konsel. Dari segi infrastruktur jalan, Pemkab Konsel telah mengaspal beberapa ruas jalan kabupaten. Dibarengi dengan pembangunan akses jalan dan jembatan penghubung antara kecamatan maupun desa.

Sekira 200-an kilometer jalan kabupaten dibuat mulus dengan balutan aspal. Ditambah sejumlah jembatan permanen. Selain itu, kantor bupati dan auditorium megah menjadi bukti nyata buah karya tangan dingin duet pemimpin berakronim Suara (Surunuddin-Arsalim) itu.

Di bidang pertanian dan peternakan, Konsel telah ditetapkan sebagai sentra bibit sapi nasional oleh Kementerian Pertanian. Termasuk sektor perikanan. Kabupaten Konsel menjadi wilayah berswasembada pangan dan daging.Di sektor pelayanan kesehatan, Surunuddin dan Arsalim membangun infrastruktur kesehatan seperti RSUD BLUD Konsel. Kapasitas ruang rawat inap ditambah. Pun peralatan dan tenaga medis seperti dokter spesialis. Pemkab Konsel telah menetapkan lima wilayah sebagai Puskesmas plus yakni Puskesmas Kecamatan Tinanggea, Moramo, Laeya, Motaha dan Ranomeeto. Begitupula angka kemiskinan di Konsel yang mengalami penurunan tiap tahun. Yakni dari sekitar 13 persen turun drastis hingga 9,75 persen. Ditunjang dengan indeks pembangunan manusia melalui sektor pendidikan yang meningkat.

Duet Surunuddin Dangga-Arsalim sukses menata dan mengelola keuangan dan aset daerah sehingga diganjar predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tiga tahun berturut-turut. Di sisi lain Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP) Pemkab Konsel meraih predikat baik (B) hingga tahun keempat ini. Dimana sebelumnya hanya mencapai pada angka D. “Alhamdulillah tingkat kepuasan masyarakat terhadap pembangunan daerah berada pada angka 75-80 persen. Saya bersyukur kepada Allah SWT karena diberikan kekuatan sehingga dapat melaksanakan pembangunan di Konsel,” ujar Surunuddin Dangga kepada Kendari Pos, Minggu (23/2).

Surunuddin menyadari, capaian itu belum paripuran. Langkah strategis untuk melanjutkan pembangunan Konsel ke depan telah ditetapkan. “Strategi pembangunan tetap mengacu RPJMD. Tidak ada strategi baru, tinggal melanjutkan konsep desa maju agar benar-benar terwujud,” tutur mantan Ketua DPRD Konsel itu.

Surunuddin menjelaskan tahun 2021 status desa tertinggal akan dituntaskan yang tersisa 20 desa. “Kita mendorong desa berkembang menjadi desa maju. Karena yang maju kurang lebih 70 desa. Intervensi yang perlu kita lakukan adalah mengintervensi desa berkembang menjadi desa maju,” ungkapnya.

Pembangunan daerah juga dapat digenjot melalui potensi wisata. Desa-desa wisata di Kabupaten Konsel telah ditetapkan. Yakni Desa Wisata Namu di Kecamatan Laonti, air terjun Moramo, Taman Rawaaopa, dan beberapa destinasi wisata lainnya. “Terima kasih masyarakat Konsel kita telah bersama-sama saling bahu-membahu membangun daerah selama empat tahun ini,” ucap Surunuddin. (kam/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy