Empat Kandidat Berebut Ketum PAN – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Empat Kandidat Berebut Ketum PAN

KENDARIPOS.CO.ID — Kongres Partai Amanat Nasional (PAN) tahun ini menjadi panggung Zulkifli Hasan (Zulhas) dan Mulfachri Harahap. Keduanya dinilai paling berpeluang memimpin DPP PAN periode 2020-2025. Tentu saja, dengan tidak menafikan dua kandidat calon Ketua Umum lainnya, Asman Abnur dan Drajad Wibowo.

Zulhas berpeluang karena posisinya masih menjabat sebagai Ketua Umum DPP PAN. Sedangkan, Mulfachri Harahap diuntungkan dengan dukungan politik tokoh PAN, Amien Rais. Analisa itu disampaikan Pakar Komunikasi Politik Sultra, Dr. Muh Najib Husain. “Dari empat kandidat calon Ketum DPP PAN, dua orang paling berpeluang menang, yakni Zulkifli Hasan dan Mulfachri Harahap. Kongres ini akan menjadi panggung keduanya ( Zulkifli Hasan dan Mulfachri),” ungkap Najib Husain, kemarin.

Masih soal Zulhas, sebagai Ketum Petahana, hampir pasti memiliki banyak pendukung, mulai dari DPW hingga DPD PAN di seluruh daerah. Ditambah lagi, dia mengklaim mendapat dukungan penuh dari pengurus PAN di Indonesia Timur. Sehingga, jika itu benar, maka peluangnya kembali terpilih terbuka.

Mulfachri Harahap juga begitu. Menurut Najib, ketokohan Amien Rais masih “mengakar” di internal PAN. Sehingga, bisa saja mayoritas pengurus PAN (DPP, DPW, DPD) masih mendengarkan suaranya. Dengan tambahan kapasitas pribadi sebagai pemimpin, sangat memungkinkan Mulfachri mendapat suara mayoritas saat kongres nanti. “Semua masih berdinamika. Namun, saya yakin, dua kandidat inilah paling berpeluang terpilih,” ulangnya menegaskan.

Soal dua kandidat lainnya, lulusan terbaik UGM ini, bisa saja akan berubah haluan. Namanya politik, memungkinkan mengambil jalan lain (mundur) sebelum pemilihan berlangsung. “Ini hanya pendapat saja. Namun melihat situasinya, sangat memungkinkan hanya dua kandidat yang bertarung,” jelasnya.

Adapun sosok figur yang dibutuhkan PAN saat ini, lanjut Najib, adalah mereka yang memiliki pemikiran kreatif dan inovatif untuk mengembangkan partai kedepannya. Sebab, selama ini PAN, selalu statis dalam setiap laju pemilu. “Statis maksudnya tidak menjadi partai yang tertinggi suaranya. Juga tidak rendah suaranya. Dan tentu saja ini tidak menguntungkan PAN. Sehingga, PAN butuhkan figur yang sedikit lebih bersih dari kekuasaan,” terangnya.

Bakal calon Ketum PAN, Mulfachri Harahap percaya diri menghadapi Kongres PAN di Kendari. Apalagi dirinya mendapatkan dukungan dari Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais. “Dukungan Pak Amien Rais sangat rasional. Makanya, kami optimis menatap Kongres PAN,” kata Mulfachri, kemarin.

Anggota DPR RI ini mengaku akan maju bersama Hanafi Rais di kongres PAN. Hanafi yang merupakan putra Amien Rais digandeng sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen). Mulfachri berjanji mendobrak aturan partai yang mengatur bahwa calon ketua umum maju seorang diri. “Saya maju berpasangan dengan Hanafi Rais. Ini tradisi baru, dan saya rasa bagus,” terangnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy