Dulang Prestasi : Bupati Butur, Konsel dan Buteng Diganjar Sakip Award – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Dulang Prestasi : Bupati Butur, Konsel dan Buteng Diganjar Sakip Award

Bupati Konsel, Surunuddin Dangga (kiri) menerima
Sakip Award dari Menpan RB, Senin (24/2).

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga, Bupati Buton Utara (Butur) Abu Hasan dan Bupati Buteng, Samahuddin kembali menorehkan prestasi. Dua daerah meraih penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2019 dengan predikat B.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Tjahjo Kumolo menyerahkan Sakip Award Indonesia Wilayah III di Hotel Tentrem Yogyakarta, Senin (24/2). Bupati Konsel, Surunuddin Dangga patut berbangga. Sebab, Sakip tahun 2019 ini kali ketiga di raih sejak tahun 2017.

Bupati Konsel Surunuddin Dangga mengatakan pencapaian itu akan terus ditingkatkan. Dia menyadari SAKIP merupakan gabungan implementasi dari perencanaan dan pelaksanaan.
“Ke depan menjadi prioritas adalah sinergi perencanaan dengan stakeholder. Termasuk pada penganggaran dan efisiensinya,” ujarnya usai menerima award.

Bupati Buteng, Samahuddin (kiri) menerima Sakip Award dari Menpan RB, Senin (24/2).

Evaluasi kinerja di Kabupaten Konsel harus terus berjalan agar mencapai hasil optimal. “Karena ini hal baru, kita telah mulai menerapkan di tingkat kepala dinas. Kedepan terus kita tingkatkan, baik di tingkat bidang, camat, sampai pada staf akan lakukan evaluasi kinerja. Dengan begitu kita bisa mendapatkan output yang lebih baik dalam optimalisasi pencapaian kinerja untuk meningkatkan penilaian Sakip menjadi lebih baik lagi,” tandas Surunuddin.

Sakip Award untuk Kabupaten Butur diterima Inspektur Inspektorat Butur, Yuswan Farmanta sekaligus mewakili Bupati Butur, Abu Hasan. “Nilai B kedua kali diperoleh Butur. Tahun 2018, kami raih poin 60,15. Tahun 2019 naik menjadi 61,76 poin,” ujar Yuswan Farmanta saat dihubungi kepada Kendari Pos menjadi perwakilan Butur menghadiri dan menerima pengha, kemarin.

Penerapan Sakip merupakan langkah konkret yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan reformasi birokrasi, melalui pengelolaan anggaran secara efektif dan efisien. Setiap tahun, Kemenpan RB mengevaluasi implementasi Sakip pada seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah untuk mengukur perkembangan implementasi Sakip.

Kepala Inspektorat Butur, Yuswan Farmanta (dua dari kiri) usai menerima penghargaan Sakip Award Butur, Senin (24/2)

“Evaluasi yang dilaksanakan Kemenpan RB telah memetakan instansi pemerintah pada beberapa kategori yang dilakukan bukan sekedar untuk menilai instansi pemerintah, namun untuk memetakan tingkat implementasi manajemen kinerja masing-masing instansi pemerintah, sehingga memudahkan proses perbaikan dalam implementasi Sakip,” ujar Yuswan.

Secara umum, evaluasi Sakip dilaksanakan sesuai amanat PP No. 8/2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah serta Perpres No. 29/2014 tentang Sakip. “Kemenpan RB memberikan rekomendasi agar setiap pemda mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dan sesuai sasaran yang telah ditetapkan demi kesejahteraan masyarakat. Secara umum, evaluasi penilaian Sakip meliputi lima komponen. Kelimanya yakni perencanaan kinerja dengan bobot 30 persen, pengukuran kinerja 25 persen dan pelaporan kinerja 15 persen. Kemudian, evaluasi internal 10 persen dan capaian kinerja 20 persen,” tandas Yuswan.

Sakip Award juga diraih Pemkab Buteng dengan skor 52,05. Bupati Buteng, Samahuddin hadir dan menerima langsung penghargaan dari Menpan RB. “Tahun sebelumnya, kami raih Sakip Award dengan nilai yang sama 52,05. Untuk 2020 ini kami akan bekerja lebih baik lagi,” ujar Samahuddin didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kostantinus Bukide dan Kepala Bappeda Buteng, Ld. Syamsuddin Pamone.

Samahuddin optimis kinerja Pemda Buteng ke depan akan ditingkatkan. Perlu adanya penataan daerah yang terstruktur dan peningkatkan kualitas kerja. Samahuddin mengapresiasi seluruh jajarannya selama ini sehingga meraih prestasi ini. “Hasil yang dicapai ini tentunya akan menjadi spirit ke depan untuk lebih bekerja lebih baik lagi,” ungkap Samahuddin.

Dikesempatan itu, Menpan-RB, Tjahjo Kumolo menuturkan reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas SDM berbasis kinerja merupakan visi misi dan skala prioritas Presiden RI, Joko Widodo-Ma’ruf Amin lima tahun kedepan. Tjahjo mengungkapkan tata kelola pemerintahan dibutuhkan efisiensi yang sistematis.

Kata dia, efisiensi tidak cukup dengan memangkas anggaran. Reformasi birokrasi tidak semata mata menyederhanakan birokrasi. Eselon I dan II tiga empat lima dijadikan jabatan fungsional. Terpenting, lanjutnya, pelayanan masyarakat bisa dilaksanakan oleh Pemda dengan berbagai inovasi dan percepatan proses perizinan. “Reformasi birokrasi dimaksudkan untuk membangun ASN yang profesional, memberi pelayanan, mampu menggerakkan dan mengorganisir masyarakat dan mempercepat proses administrasi misalkan perizinan,” tuturnya.

Tjahjo menekankan, ASN harus profesional melaksanakan tata kelola pemerintahan yang baik. Sehingga memiliki progres evaluasi yang dapat optimal dan memiliki output yang baik.
Lanjut Tjahjo, kinerja aparatur perlu dioptimalkan terhadap sasaran strategis, berorientasi pada hasil, keberhasilan terukur, program kegiatan berdampak langsung pada pencapain sasaran dan pembangunan termaksud rincian kegiatan yang masuk dalam kegiatan. “Ini merupakan salah satu poin dalam evaluasi kinerja OPD,” terangnya.

Dihadapan para Gubernur, walikota dan bupati Indonesia wilayah III, Tjahjo menekankan agar pimpinan daerah dapat melakukan evaluasi OPD sampai pada tingkatan camat dan kelurahan secara rutin dalam hal kinerja aparaturnya. “Kalau tidak bisa mengejawantahkan apa yang menjadi program strategis pusat dan skala prioritas gubernur dan bupati yah ganti saja. Tiap bulan ganti kepala OPD tidak masalah,” tandas Tjahjo. (kam/had/rud/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy