Draf RUU Cipta Lapangan Kerja Masuk Parlemen : DPR Agendakan Rapat Paripurna – Kendari Pos
Nasional

Draf RUU Cipta Lapangan Kerja Masuk Parlemen : DPR Agendakan Rapat Paripurna

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — DPR merespons niat pemerintah yang ingin menuntaskan pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law dalam 100 hari. Hari ini (3/2) draf RUU Cipta Lapangan Kerja (CLK) masuk ke parlemen. Pada hari yang sama, DPR mengagendakan rapat paripurna.

Wakil Ketua Komisi IX DPR Melki Laka Lena mengatakan, draf RUU CLK akan dibawa ke rapat paripurna pada Senin sore. Selanjutnya, badan legislasi (baleg) menentukan mekanisme pembahasannya. Apakah melalui komisi atau panitia khusus (pansus). ”Nanti apakah dipecah sesuai klaster atau seperti apa, pimpinan yang putuskan,” ujar Melki, kemarin.

Dia memastikan bahwa pembahasan bakal digelar terbuka. Semua stakeholder dilibatkan dalam pengkajian draf RUU tersebut. Tidak terkecuali pihak serikat pekerja atau buruh.
Bahkan, Melki merekomendasikan agar serikat buruh membentuk tim kecil yang nanti bisa berdiskusi mengenai Omnibus Law CLK. ”DPR akan memfasilitasi,” ungkap politikus Partai Golongan Karya (Golkar) tersebut.

Hal itu dilakukan karena jumlah pekerja informal di Indonesia angkanya cukup tinggi sekitar 57 juta orang, sedangkan pekerja formal sekitar 74 juta orang. Pandangan dari mereka tentu sangat penting karena omnibus law Ciptaker ini akan bersentuhan langsung dengan pekerja. “Semua akan kita undang. Jadi baik buruh maupun pekerja formal lain, maupun pekerja informal misal warung atau pekerja informal lain akan kita undang,” jelas Melki.

DPR, kata dia, tidak akan serampangan dalam pembahasan Omnibus Law CLK. UU Ketenagakerjaan bakal dijadikan basis pembahasan. ”DPR pasti akan bela rakyat yang namanya buruh. Tapi, kita tahu juga buruh nggak bisa kerja kalau pengusaha tak bisa buka usaha,” imbuhnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy