DPRD Konut Tawarkan Skema Pemanfaatan CSR – Kendari Pos
Konawe Utara

DPRD Konut Tawarkan Skema Pemanfaatan CSR

Herman Sewani

KENDARIPOS.CO.ID — Kontribusi perusahaan tambang golongan C maupun nikel yang mengeksploitasi mineral di wilayah Konawe Utara (Konut) dianggap belum terlihat secara nyata. Corporate social responsibility (CSR) yang selalu diklaim investor telah direalisasikan pada masyarakat, dinilai pihak anggota DPRD Konut, belum mendapatkan tolak ukur yang jelas. Makanya para legislator telah melakukan pemanggilan beberapa pimpinan perusahaan tambang untuk berdialog, hingga menawarkan skema penyaluran CSR, agar ada tolak ukur dalam pendistribusiannya.

“Dalam rapat yang sudah dilakukan dengan beberapa perusahaan, kami menawarkan skema penyaluran. Karena selama ini perusahaan selalu beralibi, bila CSR telah terdistribusi pada masyarakat. Namun, tolak ukur menilai CSR itu tidak ada kepastian. Makanya kita usulkan model dan skema penyaluran,” ujar Ketua Komisi I DPRD Konut, Herman Sewani, Selasa (25/2). Kemungkinan CSR telah disalurkan perusahaaan pada masyarakat. Hanya saja, ada sinyalemen pemanfaatan CSR dilakukan oknum Pemerintah Desa, sehingga tidak tepat sasaran.

Olehnya itu, Ketua DPC PBB Konut itu mengusulkan agar pendistribusian sedapat mungkin masuk sebagaimana tertuang dalam rencana anggaran pendapatan belanja desa (RAPBDes). “Kita tawarkan pengelolaan CSR terintegrasi dengan APBDes. Karena dikolom APBDes ada beberapa isian sumber anggaran. Mulai dari APBN, APBD, maupun sumber lain,” gagas Herman Sewani. Nah, kolom sumber lain itulah, menurut mantan aktivis Walhi Sultra tersebut, dapat dimasukan dana CSR. Artinya, dana tersebut nantinya sudah menjadi uang negara yang pengawasan dan pertanggungjawabannya dapat diawasi.

“Sehingga auditor seperti Inspektorat, BPK maupun BPKP bisa mengaudit anggaran yang telah tertuang dalam RAPBDes dengan masuknya CSR sebagai sumber anggaran,” ujarnya. Herman Sewani mencontohkan, pembangunan duiker di desa yang dibiayai CSR dapat dipertanggungjawabkan dengan patron anggaran yang jelas dalam RAPBDes. (c/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy