DPRD Kendari Setujui Usulan Raperda Pemkot – Kendari Pos
Politik

DPRD Kendari Setujui Usulan Raperda Pemkot

Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan (kanan) menerima usulan Raperda dari Pemkot Kendari yang diserahkan langsung oleh Wali Kota Kendari, Sulkarnain (kiri) dalam rapat pembahasan Raperda.

KENDARIPOS.CO.ID — Tujuh Fraksi di DPRD Kota Kendari menyetujui usulan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diusulkan Pemerintah Kota Kendari 24 Februari lalu. Raperda tersebut, di antaranya peraturan pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh, rencana pembangunan industri Kota Kendari, retribusi pelayanan kesehatan hewan, perubahan kedua atas Perda Nomor 5 tahun 2016 tentang susunan perangkat daerah dan Raperda perubahan ketiga atas Perda Nomor 3 tahun 2020 tentang jasa usaha.

Anggota DPRD Kendari dari Fraksi Golkar, Sahabuddin berharap agar Raperda yang diajukan Pemkot betul-betul dilkasanakan dengan baik dan penuh tanggungjawab. Misalnya, kata dia, salah satu perdanya terkait perumahan rakyat. “Itu harus benar-benar meningkatkan kualitas rumah masyarakat untuk menghilangkan permukiman kumuh di Kendari,” tuturnya, kemarin.

Terkait pembangunan industri, pihaknya berpendapat sama pentingnya mengelola Rencana Induk Pembangunan Industri Kabupaten Kota (RIPKK) di Kendari yang tujuannya untuk mengelola dan memanfaatkan komoditas yang berwawasan lingkungan. “Dari lima Raperda yang diajukan, kami fraksi Golkar menyatakan menerima seluruhnya,” ungkap Sahabuddin.

Anggota DPRD dari Fraksi PAN Muhammad Syaifullah Usman mengatakan PAN menilai Raperda yang diajukan sangat penting untuk dilaksanakan di Kota Lulo, mengingat masih banyak terdapat pemukiman kumuh di Kendari. “Dari 5 raperda yang diajukan, ada satu yang memang perlu dilakukan secepatnya, yaitu meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kendari. Tentunya, dengan menghilangkan pemukiman dan lingkungan kumuh,” kata legislator dari Dapil Kendari – Kendari Barat.

Ia berharap dengan adanya Raperda tentang pemukiman kumuh, tidak ada lagi masyarakat Kendari yang hidup serba kemiskinan seperti yang dialami bapak La Nggugu Warga Mangga Dua Kecamatan Kendari yang tinggal di rumah berukuran 1×2 meter selama berpuluh-puluh tahun. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy