DPRD Bombana Ditantang Terbitkan Perda Miras – Kendari Pos
Bombana

DPRD Bombana Ditantang Terbitkan Perda Miras

AKBP Andi Herman

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan DPRD mendapat tantangan dari Kepolisian Resort (Polres) Bombana untuk segera menyelesaikan peraturan daerah (Perda) tentang peredaran minuman keras (Miras). Tak adanya produk hukum daerah terkait Miras tersebut di Bombana, membuat pelaku tindak pidana terus bertambah. Hal tersebut diungkapkan Kapolres Bombana, AKBP Andi Herman. Menurutnya, 90 persen tindakan kriminal yang terjadi di wilayah hukum Polres Bombana dipicu karena konsumsi Miras.

“Tabrakan, pencurian, kekerasan hingga pencabulan itu terjadi awal mulanya karena pelakunya itu dalam kendali alkohol,” ujarnya, kemarin. Untuk antisipasi peredaran Miras, Polri khususnya Polres Bombana telah melakukan operasi-operasi dan berhasil mengamankan sejumlah minuman beralkohol tersebut untuk kemudian dimusnahkan. Namun hal itu diakuinya, tetap tidak efektif, karena belum adanya Perda Miras di Kabupaten Bombana.

“Saya heran juga kenapa Perda Miras belum ditetapkan di Bombana ini. Para pemilik Miras yang terjaring tidak mendapatkan efek jera. Karena kita hanya berikan sanksi tindak pidana ringan (Tipiring) sehingga mereka menjual lagi,” keluhnya. Mantan Kapolres Buton itu pun menantang DPRD Bombana untuk segera menyelesaikan Perda Miras. Karena menurutnya, 16 tahun Bombana menjadi otorita mandiri, belum pernah ada Perda Miras yang dikeluarkan. “Bantulah kami bekerja. Kepolisian tidak bisa bekerja sedikit. Kebijakan Pemerintah Daerah harus juga diikutsertakan untuk membuat Kamtibmas di Kabupaten Bombana lebih baik lagi,” tutupnya. (c/kmr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy